Kamis 18 Jan 2024 10:07 WIB

Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan ke Presiden Turki Erdogan

Erdogan menekankan peran Indonesia dan Turki dalam isu Palestina.

Duta Besar RI untuk Turki Achmad Rizal Purnama (kiri) bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) di Ankara, Rabu (17/1/2024).
Foto: Antara/KBRI Ankara
Duta Besar RI untuk Turki Achmad Rizal Purnama (kiri) bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) di Ankara, Rabu (17/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar RI untuk Republik Turki Achmad Rizal Purnama, menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden RI kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam upacara yang berlangsung di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Rabu (17/1/2024).

Dalam pembicaraan bilateral usai Upacara Penyerahan Surat Kepercayaan yang didahului dengan Upacara Penghormatan oleh Pasukan Khusus Kepresidenan, Erdogan menekankan peran Indonesia dan Turki dalam isu Palestina. Pembicaraan bilateral antara Presiden Erdogan dengan Dubes RI tersebut berlangsung di ruang tamu Istana Kepresidenan Turki.

Baca Juga

"Presiden Erdogan memberikan perhatian khusus kepada Indonesia, yang terus mengawal isu Palestina di berbagai forum internasional" kata Rizal menceritakan topik diskusi dengan Presiden Erdogan. Dalam diskusi yang berlangsung sekitar setengah jam itu, Erdogan didampingi oleh Kepala Penasihat Kepresidenan Akif Cagatay Kilic dan Kepala Komunikasi Nasional Fahrettin Altun, serta Dirjen Asia Pasifik Kemlu Turki Dubes Esra Cankorur.

Sementara itu, Dubes Rizal didampingi oleh keluarga, Atase Pertahanan KBRI Ankara, Kolonel Kav M Amir Aliakbar dan Fungsi Politik I KBRI Ankara Dhanny Perkasa. "Presiden Erdogan terkesan saat saya menunjukkan video kedekatan Presiden Erdogan dan Presiden Jokowi yang bergandengan tangan di sela-sela KTT OKI di Riyadh beberapa waktu lalu, video saat saya mengendarai mobil listrik buatan Turki, TOGG dan masifnya kunjungan saya ke berbagai industri pertahanan di Turki dalam tiga bulan terakhir,” ujar Rizal.

 

Erdogan juga mendoakan Pemilu RI mendatang berjalan dengan lancar dan sukses, serta membawa kebaikan dan kemajuan bagi rakyat Indonesia. Saat diskusi dengan Presiden Erdogan, Rizal menyampaikan prioritas kerja sama bilateral 1+4 di bidang perdagangan serta kerja sama industri pertahanan dan strategis, energi, konstruksi, dan farmasi.

Dalam pembicaraan bilateral tersebut, keduanya sepakat untuk segera mencapai target perdagangan bilateral 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS), penyelesaian negosiasi perjanjian perdagangan bebas kedua negara, perluasan kerja sama industri pertahanan, penguatan kerja sama keamanan dan penanggulangan terorisme, serta pengembangan kerja sama energi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Erdogan juga berbicara dengan putra Rizal, Ravi Hilmifuad Purnama, mengenai studi dan aktivitas belajar di Turki. Selain Indonesia, dua dubes lainnya dari Venezuela dan Kanada, mendapat kesempatan menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Erdogan pada hari yang sama. Indonesia mendapatkan giliran pertama untuk menyerahkan surat kepercayaan.

Rizal mulai menjalankan tugas di Turki sejak awal September 2023. Rizal yang sebelumnya adalah Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan, dilantik menjadi Dubes RI untuk Turki oleh Presiden RI pada 26 Juni 2023.

Dengan telah menyerahkan surat kepercayaan tersebut, Rizal kini telah memenuhi seluruh tahapan tata krama diplomatik untuk menjalankan tugasnya secara penuh sebagai perwakilan pemerintah Indonesia di Turki.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement