Selasa 16 Jan 2024 20:19 WIB

Ketua Ansor DKI Nilai Perlu Terobosan dalam Perlindungan Pekerja Migran

Perlu perlindungan menyeluruh bagi pekerja migran Indonesia.

Ketua pimpinan wilayah GP Ansor DKI Jakarta Muhamad Ainul Yakin.
Foto: Dok Republika
Ketua pimpinan wilayah GP Ansor DKI Jakarta Muhamad Ainul Yakin.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --  Ketua pimpinan wilayah GP Ansor DKI Jakarta Muhamad Ainul Yakin menilai perlunya terobosan untuk memperkuat posisi dan perlindungan bagi buruh migran Indonesia. Ainul Yakin menilai pelindungan menyeluruh bagi Pekerja Migran Indonesia juga untuk keluarga PMI yang bekerja di luar negeri seperti pendidikan dan jaminan bagi PMI yang mengalami PHK. 

"Di negara yang banyak menjadi tujuan penempatan seperti Malaysia, Taiwan, Hongkong dan beberapa negera di Timur Tengah jaminan PMI juga harus mencakup pada keluarga mereka seperti pendidikan dan kesehatan," ujar Ainul Yakin, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga

Usulannya tersebut muncul dari beberapa kesempatan  berdiskusi langsung dengan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di negara penempatan. Lebih lanjut, hal yang tidak boleh dilupakan adalah terobosan regulasi di dalam negeri agar calon PMI dapat memiliki kemudahan dalam bekerja ke luar negeri. 

"Perlu terobosan kebijakan agar PMI mudah dalam mengurus proses bekerja ke luar negeri, saya memiliki komitmen yang tinggi terhadap pejuang devisa kita di luar negeri sehingga perlu pengawalan pelindungan dari mereka akan berangkat, saat bekerja hingga pasca menjadi PMI," pungkasnya. 

Untuk mewujudkan gagasannya itu, Ainul menempatkan diri sebagai calon Legislatif dari Partai Golkar untuk dapil Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri. Pengalamanya berkecimpung dalam dunia sosial masyarakat menjadikan Ainul Yakin kian optimistis berkontestasi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement