Senin 01 Jan 2024 17:01 WIB

Ini Rahasia Mengapa Sholat Subuh Dilaksanakan Sebelum Matahari Terbit   

Sholat subuh mempunyai sejumlah keutamaan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat berjamaah . Sholat subuh mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Ilustrasi sholat berjamaah . Sholat subuh mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak umat Islam lalai dalam melaksanakan sholat  subuh. Mereka kesiangan karena pada malam hari begadang sehingga melewatkan waktu subuh. Padahal sholat  subuh mempunyai keistimewaan luar biasa. 

Allah SWT telah menunjukkan bagaimana keistimewaan sholat  subuh. Seperti yang diterangkan dalan surat Al-Isra ayat 78 yang berbunyi:

Baca Juga

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya: “Dirikanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh!. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”  

Dalam hadits riwayat Ahmad disebutkan bahwa sholat  subuh disaksikan oleh malaikat yang bertugas pada siang dan malam. Adanya malaikat yang menyaksikan seseorang yang melaksanakan sholat  subuh pertanda sholat  ini sangat istimewa. 

Dalam Tafsir Tahlili Kementerian Agama diterangkan maksud dari disaksikan malaikat malam dan siang bagi mereka yang sholat  subuh yaitu pada waktu itu akan ada pergantian tugas antara malaikat yang bertugas malam dan siang. 

Dan pada saat itu, keduanya akan sama-sama melaporkan kepada Allah SWT tentang orang-orang yang melaksanakan sholat  subuh. 

Ar-Razi mengatakan “Sesungguhnya pada waktu subuh itu manusia menyaksikan tanda-tanda kekuasaan Allah dan kebesaran hikmah-Nya di langit dan di bumi. Pada waktu itu, sinar matahari yang terang benderang menyapu kegelapan malam, waktu itu bangunlah orang yang sedang tidur dan panca inderanya kembali bekerja setelah terlena selama mereka tidur.” 

Dari penjelasan di atas tak alasan bagi umat Islam melalaikan sholat  subuh. Jika tidak menunaikan sholat  subuh maka dipastikan tidak akan menikmati keistimewaan sholat  subuh tersebut.

Sementara itu, dalam sebuah hadits juga dijelaskan keutamaan sholat subuh.  Orang yang bangun pagi dan menunaikan sholat subuh pasti mendapat jaminan kebahagiaan dunia dan akhirat dari Allah SWT.

Oleh karenanya ketika telah memasuki subuh, bagi laki-laki sangat dianjurkan untuk mengerjakan sholat subuh secara berjamaah di masjid.

Baca juga: Alquran Abadikan Tingkah Laku Yahudi yang Bodoh tapi Berlagak Pintar

Sedangkan untuk perempuan sholat di rumah. Sebagaimana Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab shahihnya dari Jundub bin Abdillah radiyallahu anhu. Rasulullah ﷺ bersabda:   

مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللهِ، فَلَا يَطْلُبَنَّكُمُ اللهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَيُدْرِكَهُ فَيَكُبَّهُ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

Artinya: "Barangsiapa sholat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu dari kalian sebagai imbalan jaminan-Nya, sehingga Allah menangkapnya dan menyungkurkannya ke dalam neraka jahannam,"

Maka Allah SWT telah memerintahkan setiap mukmin untuk menunaikan kewajibannya, siapa yang melanggar maka orang tersebut pantas memperoleh balasan dari Allah SWT. 

photo
Sholat subuh (ilustrasi) - (republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement