Senin 11 Dec 2023 17:46 WIB

Alasan Gerakan Fatah di Palestina Serukan Pemogokan Massal Hari Ini

Pemogokan tersebut merupakan respons atas kegagalan Dewan Keamanan PBB.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Demonstran pro-Palestina berbaris menuju Parlemen Victoria di Melbourne, Australia, 10 Desember 2023.
Foto:

Organisasi Palestina dan hak asasi manusia telah menyerukan pemogokan global ini pada Senin, 11 Desember 2023. Gagasan tersebut dipandang perlu untuk melumpuhkan pergerakan kehidupan dan roda perekonomian di semua negara sehingga semua orang merasakan dampak langsung dari agresi di Gaza.

Dengan demikian, ada tekanan untuk menghentikan perang. Aktivis Palestina dari Gaza Khaled Safi menulis di akun media sosialnya yang di dalamnya dia kepada semua orang di dunia, untuk ikut serta dalam pemogokan yang menyeluruh itu.

"Mengingat berlanjutnya agresi Zionis terhadap Jalur Gaza, yang telah mengakibatkan kematian dan luka pada puluhan ribu orang, serta menyebabkan kehancuran dari semua aspek kehidupan, kami menyerukan setiap umat manusia di dunia untuk berpartisipasi dalam serangan komprehensif hari ini, Senin, 11 Desember, dalam solidaritas dengan Gaza," katanya.

Selain itu, kelompok-kelompok seperti gerakan global Palestina Samoun, Gerakan Palestina di Amerika, dan Gerakan Pemuda Palestina di seluruh dunia juga turut berpartisipasi. Mereka menyerukan kepada semua pendukung perjuangan Palestina dan diakhirinya peperangan, untuk bergabung dalam pemogokan tersebut.

Aktivis Kanada Cheryl Benson menekankan perlunya komitmen terhadap pemogokan tersebut. "Kita memerlukan pemogokan global. Semua orang akan berhenti bekerja sampai ada gencatan senjata. Hal ini akan mempengaruhi keuangan mereka," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement