Senin 11 Dec 2023 11:02 WIB

Serangan Israel Hancurkan Masjid Tertua di Gaza

Masjid ini memiliki sejarah yang menggabungkan banyak tradisi keagamaan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Kota Gaza, salah satu kota tertua dan terpadat di dunia, adalah rumah bagi harta karun arsitektur yang luar biasa, Masjid Al Omari.
Foto:

Dia melihat banyak jenazah di jalanan. Dia tidak bisa berhenti memikirkan tentang tubuh seorang wanita dan anak yang dia lihat dalam perjalanannya.

Dia berjalan di sepanjang tepi pantai, dan menemukan Hotel Deira yang sekarang sudah hancur, sebuah landmark di Gaza tempat dia biasa menghabiskan malam bersama teman-temannya. Roots Hotel di dekatnya, tempat nongkrong bagi penduduk lokal dan pengunjung asing, juga terkena serangan.

Sejak gencatan senjata gagal pada 1 Desember, pertempuran di dekat rumahnya semakin intensif dan dia hampir tidak pernah meninggalkan rumah. Dia dan neneknya minum satu gelas air dan makan nasi satu kali sehari. Dia mendambakan keju. Sudah satu setengah bulan sejak dia mandi.

“Tidak ada harapan dalam hidup. Kami melihat hal-hal mengerikan, dan hanya ingin hidup damai. Anak-anak dan perempuan tidak perlu mati,"kata Shahawani.

Warga sempat menguburkan jenazah di halaman samping rumahnya. Mereka telah kehabisan lahan sejak beberapa hari yang lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement