Senin 11 Dec 2023 10:19 WIB

ICMI Jepang Lantik Pengurus, Dorong Terbentuknya High Trust Society di Indonesia

ICMI Orwil Jepang diharapkan menginspirasi seluruh anggota ICMI se-Indonesia.

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jepang telah menyelenggarakan pelantikan pengurus masa bakti 2023-2028 di Dendo Fureai-kan Meguro Tokyo pada Ahad,10 Desember 2023.
Foto: ICMI
Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jepang telah menyelenggarakan pelantikan pengurus masa bakti 2023-2028 di Dendo Fureai-kan Meguro Tokyo pada Ahad,10 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jepang telah menyelenggarakan pelantikan pengurus masa bakti 2023-2028 di Dendo Fureai-kan Meguro Tokyo pada Ahad,10 Desember 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari misi Kepengurusan Majelis Pengurus Pusat (MPP) ICMI untuk memperluas Orwil ICMI di luar negeri.

ICMI Orwil Jepang dilantik langsung oleh Ketua Umum MPP ICMI Prof. Arif Satria. Dalam sambutan sesuai melantik, Prof. Arif Satria menekankan agar ICMI Orwil Jepang dapat menginspirasi seluruh anggota ICMI se-Indonesia.

Baca Juga

“Inspirasi budaya kerja masyarakat Jepang penting ditiru untuk menjadikan Indonesia negara maju,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id. Senin (11/12/2023).

High trust society merupakan modal utama bagi sebuah negara jika ingin menjadi negara maju. High trust society atau komunitas saling percaya penting untuk menciptakan ekonomi berkelanjutan.

 

High trust society terbangun dari sebuah nilai-nilai budaya yang dimiliki untuk dijadikan pedoman dan keyakinan. High trust society ditandai dengan keterbukaan, memenuhi janji, tepat waktu, dan menghormati hak hak orang lain.

Ketua ICMI Orwil Jepang Muh. Zullkifli Mochtar mengatakan pembentukan ICMI Orwil Jepang adalah untuk memfasilitasi kreasi cendekiawan muslim Indonesia di Jepang untuk berkontribusi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bagi negeri tercinta.  

“Kami akan melakukan rapat kerja dalam dua minggu ke depan menjalankan arahan ketua MPP Prof. Arif Satria,” ujarnya.

Pengurus ICMI Orwil Jepang berjumlah 40 orang dan tersebar hampir di semua prefektur se-Jepang. Ke depan, sebagai ketua ICMI Orwil Jepang  Zul memastikan para anggotanya akan berkontribusi melalui tulisan, pemikiran, dan diskusi dengan seluruh stakeholder di Jepang dan Indonesia," tutur pria asal Sulawesi Selatan ini.

Di akhir acara pelantikan Sekretaris ICMI Orwil Jepang Erni Johan mengucap syukur pelantikan yang dilakukan secara luring dan daring kali ini berlangsung khidmat dan sesuai jadwal. "Kami membuka pintu sebesar-besarnya untuk kolaborasi dengan rekan-rekan ICMI Orwil se-Indonesia," katanya.

ICMI akan selalu hadir untuk memberikan solusi dan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia. ICMI yang berlandaskan ke-Islaman dan ke-Indonesiaan berbasis kecendekiaan akan selalu berperan aktif mendorong kebaikan untuk bangsa dan negara.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement