Rabu 06 Dec 2023 08:12 WIB

Ini Upaya Kemenag untuk Perbaiki Mutu Pendidikan Madrasah

Kualitas pendidikan madrasah mengalami peningkatan

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Siswa Madrasah. Kualitas pendidikan madrasah mengalami peningkatan
Foto:

“Asesmen pada dasarnya adalah evaluasi. Salah satunya adalah evaluasi perencanaan. Apakah rencana rencana kita itu memungkinkan untuk dijalankan? Ketika kita melakukan proses pendidikan maka kita akan mengukur dan menakar sebuah proses evaluasi yang disebut on going evaluation,” kata dia.

“Dan nanti ketika mereka akan lulus dari  MI, MTs atau MA dilakukanlah ujian sebagai expose evaluation, itu kita bisa mengukur. Proses itu harus dilakukan secara berjenjang dan dilakukan dengan sistematis,” jelas Kang Dhani.  

Sementara itu, Plt Direktur KSKK Madrasah, Sidik Sisdiyanto menjelaskan, AKMI merupakan bentuk asesmen yang dikembangkan oleh Kemenag untuk melakukan reformasi dan meningkatkan mutu pendidikan di madrasah secara berkelanjutan.

“Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di madrasah, salah satu kebijakan yang dilakukan oleh Kementerian Agama adalah menyelenggarakan asesmen kompetensi peserta didik madrasah melalui AKMI,” ujar dia.

AKMI sebagai asesmen skala besar (large assessment), kata dia, memiliki beragam manfaat seperti menjadi landasan empiris untuk memperbaiki sistem pendidikan madrasah termasuk perbaikan proses belajar mengajarnya, monitoring dan akuntabilitas, serta perbandingan (benchmarking) antar waktu kemampuan literasi siswa madrasah.

Sidik mengatakan, AKMI merupakan asesmen diagnostik untuk menghasilkan informasi akurat yang dapat menjadi fondasi untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang berdampak pada perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

“AKMI dirancang untuk memetakan kemampuan literasi dan tidak dimaksudkan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran tertentu. Hasil pemetaan tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai mata pelajaran,” ucap dia.

Menurutnya, data asesmen dari AKMI tidak akan memberikan dampak secara optimal pada mutu proses dan hasil pembelajaran apabila tidak dimanfaatkan dengan baik oleh guru dalam perbaikan sistem pembelajaran.

“Data hasil AKMI merupakan data objektif-empiris tentang kondisi kompetensi peserta didik dalam pembelajaran. Data tersebut memiliki makna penting dalam merancang sistem pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi semakin berkualitas sehingga mampu menjangkau kebutuhan peserta didik dalam belajar,” kata Sidik.

Perbaikan proses belajar akan berdampak secara positif pada capaian kompetensi peserta didik dalam belajar. Karena itu, data hasil AKMI akan bermakna apabila digunakan secara benar, konkret dan operasional dalam perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran.

Baca juga: Heboh Wolbachia, Ini Tafsir dan Rahasia Nyamuk yang Diabadikan Alquran Surat Al-Baqarah

“Saya ingin mengajak seluruh para pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan untuk terus mengawal dan menggelorakan AKMI sebagai instrumen untuk melakukan reformasi dan meningkat mutu pendidikan di madrasah secara berkelanjutan. Tak lupa teriring doa, semoga AKMI berjalan lancar dan berhasil mencapai target yang diharapkan,” pungkasnya.

 

Hasil Diseminasi AKMI 2023 ini diharapkan dapat memunculkan berbagai temuan, analisis, dan rekomendasi yang akan menjadi bahan dan dasar bagi guru, madrasah, kantor kementerian agama kabupaten atau kota, kanwil serta kementerian agama dan pemangku kepentingan terkait dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran di madrasah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement