Rabu 29 Nov 2023 18:41 WIB

Pengurus MUI: Yang Jelas Dukung Israel, Jangan Beli Produknya

MUI jelaskan alasan mengeluarkan fatwa boykot produk perusahaan pendukung Israel.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis.
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menggelar kegiatan Sosialisasi Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina di Kantor MUI Pusat, Rabu (29/11/2023). Dalam fatwa tersebut, MUI merekomendasikan agar umat Islam menghindari penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel atau boikot. 

Dalam kesempatan ini, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis menjelaskan alasan MUI mengeluarkan fatwa boikot produk pro Israel tersebut. Menurut dia, anjuran boikot tersebut disampaikan dalam rangka mendukung kemanusiaan di Palestina. 

Baca Juga

"Konteks anjuran meninggalkan (boikot) produk-produk Israel dan sekutunya adalah dalam konteks dukungan kemanusiaan bagi yang teraniaya di Gaza dan sekitarnya," ujar Kiai Cholil dalam keterangan tertulis yang diterima Republika pada Rabu (29/11/2023). 

Bahkan, untuk mendukung kemanusiaan itu, Kiai Cholil mendorong kepada umat Islam yang ahli dalam bidang teknologi dan informasi untuk mencegah genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza. 

 

"Bahkan, sekiranya ada di antara kita yang mampu melakukan penghentian teknologi dan IT Israel untuk mencegah serangannya tentu itu baik dan itu bagian dari upaya perdamaian di Palestina," ucap kiai asal Pulau Madura ini. 

Dalam acara ini, Kiai Cholil menjelaskan tentang panggilan iman dan kemanusiaan untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Hak ini sesuai dengan inti dari Fatwa MUI nomor 83 tahun 2023 tersebut. 

"Bahwa pokok isi fatwa adalah soal wajibnya mendukung perjuangan Pelestina dan haram hukumnya mendukung agresi Israel," kata Kiai Cholil 

Demi dorongan keimanan dan solidaritas kemanusiaan, Pengasuh Ponpes Cendikia Amanah Depok ini pun mengajak kepada seluruh umat Islam untuk mendukung perjuangan kemanusiaan di Palestina.

"Siapa pun yang sudah jelas-jelas mendukung Israel maka jangan dipakai dan jangan dibeli produk-produknya karena itu telah memodali dan menguatkan pihak Israel yang anti kemanusiaan dan keadilan serta menyerang anak-anak tak berdoa dan perempuan," kata Kiai Cholil.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri Ketua MUI bidang Fatwa Prof Asrorun Ni’am Sholeh. Acara ini juga mengundang peserta dari para pimpinan ormas Islam yang tergabung di MUI dan masyarakat umum.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement