Selasa 28 Nov 2023 20:20 WIB

Kelompok Ternak Binaan Rumah Zakat Lakukan Panen Perdana

Rumah Zakat menggandeng PT Adira Dinamika Multi Finance dalam pembinaan UMKM.

 Panen Perdana Kelompok Ternak Ayam Bummas Legok Berdaya, Jambi, yang merupakan binaan Rumah Zakat bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Syariah.
Foto: Dok. Rumah Zakat
Panen Perdana Kelompok Ternak Ayam Bummas Legok Berdaya, Jambi, yang merupakan binaan Rumah Zakat bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Suasana Bahagia menghiasi Kampung Pulau Pandan, Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Jambi, dengan diselenggarakannya acara Panen Perdana Kelompok Ternak Ayam Bummas Legok Berdaya. Acara ini tidak hanya merupakan perayaan keberhasilan lokal, tetapi juga menjadi bagian integral dari Program Bantuan Pengembangan UMKM Agro yang digagas oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Syariah Bersama Rumah Zakat. 

Sebanyak 350  ekor ayam yang berhasil dipanen tidak hanya melambangkan kesuksesan program ini tetapi juga menjadi simbol transformasi positif dalam pemberdayaan masyarakat setempat. Acara ini menarik perhatian banyak pihak, dengan perwakilan penting yang turut memeriahkan momen bersejarah ini. 

Baca Juga

Empat perwakilan dari PT Adira Dinamika Multi Finance Syariah dan dua perwakilan dari Rumah Zakat hadir sebagai saksi dari pencapaian luar biasa kelompok peternak ayam Bummas. Selain itu, enam orang penerima manfaat, yang juga merupakan anggota kelompok peternakan ayam, turut menyaksikan keberhasilan program yang telah mereka tekuni.

Perwakilan Rumah Zakat Budi Pratama memaparkan informasi tentang Program Pemberdayaan Ekonomi Rumah Zakat, khususnya di Desa Berdaya Legok. Ia juga memberikan penghargaan kepada PT Adira Dinamika Multi Finance Syariah atas kontribusinya dalam mewujudkan perubahan positif di tingkat lokal.

 

Harneli, anggota kelompok peternakan ayam, berbagi cerita tentang perjalanan dan perubahan di kampungnya. Desa yang dahulu terkenal dengan isu negatif dan tingkat pengangguran yang tinggi, kini mengalami metamorfosis positif. 

"Program ini berhasil menyatukan anggota kelompok peternak, memberikan mereka keberanian untuk beralih dari beternak sendiri-sendiri menjadi berkelompok, yang pada akhirnya meningkatkan produksi ayam dan pendapatan keluarga," katanya, mengutip keterangan tertulis, Selasa (28/11/2023).

Perwakilan PT Adira Dinamika Multi Finance Syariah Rizki Dwi Pariza menyatakan aspirasinya bahwa program Pengembangan UMKM Agro dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi anggota kelompok dan warga desa Legok secara menyeluruh. Ia melihat program ini sebagai langkah penting dalam mengubah pandangan negatif yang telah lama melekat di kampung.

"Semoga keberhasilan panen perdana ini tidak hanya menandai pencapaian materiil kelompok ternak ayam Bummas tetapi juga membawa harapan baru untuk pemberdayaan ekonomi Desa Berdaya Legok. Keberhasilan ini tidak hanya menjadi titik puncak, tetapi juga langkah awal menuju masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat setempat," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement