Kamis 23 Nov 2023 21:53 WIB

Baznas Sleman Salurkan Infak Kemanusiaan Palestina Melalui Baznas RI

Infak kemanusiaan sebesar Rp 150 juta diberikan Baznas Sleman.

Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI) menerima penyaluran infak kemanusiaan Palestina sebesar Rp 150 juta dari Baznas Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI) menerima penyaluran infak kemanusiaan Palestina sebesar Rp 150 juta dari Baznas Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI) menerima penyaluran infak kemanusiaan Palestina sebesar Rp 150 juta dari Baznas Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Disaksikan oleh Wakil Ketua Baznas RI Mohamad Mahdum, penyerahan infak tersebut diserahkan oleh Ketua Baznas Kabupaten Sleman Drs Kriswanto, kepada Direktur Pengumpulan Baznas RI Faisal Qosim, di Gedung Baznas RI, Jakarta, Kamis (23/11/2023). Turut hadir Staf Kesra Kabupaten Sleman Sendri Pratama Renuat.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Direktur Pengumpulan Baznas RI Faisal Qosim mengucapkan terima kasih atas infak yang disalurkan melalui Baznas RI. Menurutnya Infak tersebut akan segera disalurkan kembali kepada masyarakat Palestina.

"Terima kasih banyak kepada ketua dan jajaran Baznas di Sleman dan juga kepada masyarakat Sleman dan sekitarnya. Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Baznas baik yang ada di daerah maupun di pusat," ucap Faisal. 

 

Menurut Faisal, aksi bertajuk Membasuh Luka Palestina yang digaungkan oleh Baznas RI untuk menggalang infak kemanusiaan Palestina telah diikuti oleh Baznas ditingkat Provinsi hingga Kota dan Kabupaten.

"Alhamdulillah infak yang kami terima terus mengalir. Masyarakat ada yang melakukan transfer dan ada pula perusahaan atau instansi yang datang langsung ke kantor Baznas untuk menyalurkan infak yang telah dihimpunnya," katanya.

Faisal mengatakan, saat ini tim kemanusiaan Baznas RI yang dipimpin langsung oleh Ketua Baznas RI Prof Noor Achmad, telah berada di Mesir untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat Palestina. 

"Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di Palestina, serta tim kemanusiaan Baznas RI yang saat ini berada di Mesir dapat dilancarkan sehingga bantuan dapat segera diterima oleh masyarakat Palestina," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Baznas Sleman Kriswanto, menjelaskan, infak yang dihimpun berasal dari peran berbagai pihak di Sleman. "Dasar dari pengumpulan infak kemanusiaan yang disalurkan adalah surat edaran Baznas RI, dan  surat edaran Bupati Sleman terkait himbauan menghimpun infak untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina," katanya.

Kriswanto menjelaskan, penghimpunan infak yang dilakukannya berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini bidang Kesra dengan sasaran ASN, Kantor Kemenag, DMI (Dewan Masjid Indonesia) dan IPHI (Ikatan Persaudaran Haji) untuk menentukan langkah langkah dalam menggalang infak. 

Kriswanto menambahkan, Baznas Kabupaten Sleman mengucapkan terima kasih kepada Baznas RI yang telah memfasilitasi penyaluran bantuan bagi masyarakat Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement