Rabu 22 Nov 2023 19:06 WIB

MTQ Korpri Motivasi ASN Dalami Alquran

Ratusan ASN jadi qori dan qoriah semarakkan MTQ VII Korpri Kalimantan Selatan

Ilustrasi MTQ.
Foto: Dok Humas Pemkab Bandung
Ilustrasi MTQ.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Sebanyak 106 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi qori dan qoriah memeriahkan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) VII Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tingkat Provinsi Kalsel 2023.

"Antusias ASN untuk mengikuti MTQ ini sangat tinggi sehingga kegiatan menjadi meriah," ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Kesra Setdaprov Kalsel Ir. Ahmad Solhan di Banjabaru, Rabu (22/11/2023). 

Baca Juga

MTQ tersebut dimulai pada 21 hingga 23 November 2023 yang berlokasi di Gedung Idham Chalid Perkantoran Gubernur Kalsel di Kota Banjarbaru. 

"Bahkan 58 peserta diantaranya adalah ASN perempuan," tutur Ahmad. 

 

Adapun lomba yang dipertandingkan pada MTQ ini, yakni tilawah, tartil, tahfizh, dakwah, khot, azan, khutbah Jum’at, doa dan makalah ilmiah Alquran.

"Ini ajang seleksi untuk ke tingkat nasional," ucap Ahmad. 

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setdaprov Kalsel Sulkan mengapresiasi tinggi keterlibatan ASN menjadi qori dan qoriah pada ajang tersebut. 

Menurut dia, MTQ Korpri bukan hanya soal meraih kemenangan dan prestasi, tetapi juga menumbuhkembangkan ASN yang agamis dan pengembangan mental spiritual. 

"Dalam MTQ Korpri, kita sebenarnya sedang berlomba-lomba dalam kebaikan, sekaligus mencerminkan ASN yang berakhlak sebagai nilai dasar yang dipedomani oleh ASN. Karena dalam setiap musabaqah di MTQ Korpri, selalu mengandung ekspresi dan aktualisasi keagamaan," katanya. 

Sulkan menyampaikan, melalui arena MTQ Korpri, ASN di Kalsel dapat membuktikan sebagai sumber daya manusia yang berpengetahuan luas di bidang Alquran, hadis dan pengetahuan keislaman pada umumnya. 

"Tentu yang paling utama dan mendasar, MTQ Korpri ini adalah tempat bagi kita mensyiarkan Islam, silaturahmi dan kebersamaan," demikian kata Sulkan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement