Selasa 21 Nov 2023 09:22 WIB

Jika Orang Wafat Hidup Kembali, Ini 5 Perkara yang Ingin Dilakukan tapi Semua Terlambat

Orang yang meninggal berharap bisa beramal saleh kembali

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi orang meninggal. Orang yang meninggal berharap bisa beramal saleh kembali
Foto:

3. Ingin memberi kabar gembira kepada kaum atau keluarga yang hidup

 قِيلَ ٱدْخُلِ ٱلْجَنَّةَ ۖ قَالَ يَٰلَيْتَ قَوْمِى يَعْلَمُونَ بِمَا غَفَرَ لِى رَبِّى وَجَعَلَنِى مِنَ ٱلْمُكْرَمِينَ 

"Dikatakan (kepadanya) : "Masuklah ke dalam surga". Dia berkata: "Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui apa yang menyebabkan Tuhanku memberi ampun kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang-orang yang dimuliakan." (QS Yasin ayat 26-27). Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

إذا رأى المؤمنُ ما فُسِحَ له في قبرِه ، فيقولُ : دعوني أُبَشِّرُ أهلي ، فيُقالُ له : اسكنْ

"Apabila seorang mukmin telah melihat apa yang dilapangkan padanya di dalam kuburnya, maka ia berkata, "Biarkanlah diriku, aku ingin memberi kabar gembira keluargaku." Maka Malaikat pun berkata kepadanya, "Tenanglah." (HR Ahmad no 14587, hadits dari Jabir bin Abdillah RA) 

4. Ingin mati syahid lagi

مَا أَحَدٌ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ يُحِبُّ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا وَلَهُ مَا عَلَى الْأَرْضِ مِنْ شَيْءٍ إِلَّاا الشَّهِيدُ يَتَمَنَّى أَنْ يَرْرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا فَيُقْتَلَ عَشْرَ مَرَّاتٍ لِمَا يَرَى مِنْ الْكَرَامَةِ 

"Tidak ada seorang pun yang telah masuk surga namun dia senang untuk kembali ke dunia padahal dia hanya mempunyai sedikit harta di bumi ini, kecuali orang yang mati syahid. Dia berangan-angan untuk bisa Kembali ke dunia, kemudian berperang, lalu terbunuh lagi hingga 10 kali, karena dia melihat keistimewaan karamah (orang yang mati syahid)." (HR Bukhari 2817 dan Muslim 1877, haditsnya dari Anas bin Maalik) .

Baca juga: Tak Hanya Alquran dan Hadits, Kehancuran Yahudi Israel Juga Diisyaratkan Bibel?

5. Sholat sunnah dua rakaat 

Abu Hurairah رضي الله عنه telah berkata: 

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ مَرَّ بِقَبْرٍ فَقَالَ : مَنْ صَاحِبَ هَذَا الْقَبْرِ؟ فَقَالُوْا: فُلاَنُ، فَقَالَ : رَكْعَتَانِ أَحَبَّ إِلَى هَذَا مِنْ بَقِيَّةِ دُنْيَاكُمْ

"Rasulullah صلى الله عليه و سلم melewati sebuah Kuburan, lalu beliau bertanya, "Siapa penghuni kuburan ini ?" Mereka pun lalu menjawab, "Ini kuburannya si Fulan", lantas Rasulullah ﷺ bersabda: "Sholat dengan dua rakaat lebih dia cintai, daripada apa-apa yang tersisa dari dunia kalian." (HR. Ath-Thabraaniy, Shahiih at-Targhiib wa at-Tarhiib no. 391) 

photo
Antiribet, 7 Sedekah Jariyah Mudah Dilakukan. Amal jariyah - (Republika.co.id)

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement