Senin 20 Nov 2023 05:55 WIB

Warga Thailand Ikut Tempur Bela Israel Lawan Hamas, tak Heran Ini Ternyata Faktanya

Thailand dan Israel mempunyai hubungan diplomatik yang erat

Rep: Mabruroh, Imas Damayant, Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Seorang pekerja Thailand yang tertembak di lututnya dibawa ke rumah sakit setelah dievakuasi dari Israel dan tiba di Bandara Suvarnabhumi di Samut Prakan, Thailand, 12 Oktober 2023.
Foto:

Islam masuk di Thailand diperkirakan sekitar abad ke-10 atau ke-11 dibawa oleh pedagang Arab dan India. Ada pula yang mengatakan Islam masuk ke Thailand melalui Kerajaan Samudera Pasai di Aceh.

Ada pula pendapat lain yang menyebutkan, bahwa Islam masuk Thailand bahkan sebelum kerajaan Thailand berdiri, yakni pada abad ke-9. Hal ini bisa dilihat dari fakta sejarah, seperti lukisan kuno yang menggambarkan Muslim Arab di Ayutthaya, sebuah daerah di Thailand dan juga keberhasilan bangsa Arab dalam mendirikan Daulah Islamiyah Pattani, menjadi bukti bahwa bahwa Islam sudah ada lebih dulu sebelum kerajaan Thai berdiri dan berkuasa.

Menurut Asep Achmad Hidayat dalam bukunya Sejarah Sosial Muslim Minoritas Etnis Melayu di Nusantara: Pattani-Thailand, Singapura, Moro-Filipina, dan Timor Leste, wilayah bagian paling Selatan Thailand awalnya merupakan sebuah Kerajaan Islam Melayu yang berdaulat, yaitu Kesultanan Melayu Pattani yang diperkirakan meliputi lima wilayah (Pattani, Yala, Narathiwat, Songkhla), dan bagian paling Utara Malaysia modern (Kelantan, Kedah dan Perlis dan Terengganu). 

Muslim di Thailand sekitar 15 persen, dibandingkan penganut Budha, sekitar 80 persen. Mayoritas Muslim tinggal di Selatan Thailand, sekitar 1,5 juta jiwa, atau 80 persen dari total penduduk, khususnya di Pattani, Yala dan Narathiwat, tiga provinsi yang sangat mewarnai dinamika di Thailand Selatan.

Mayoritas penduduk Thailand merupakan etnis Indo China, yaitu suku bangsa Siam atau lebih dikenal dengan sebutan Thai. Mereka kebanyakan menganut agama Buddha Theravada yang dianut secara turun-temurun dalam waktu yang lama.     

photo
Seorang tentara Zionis Israel di atas kendaraan tempur lapis baja di lokasi yang dirahasiakan dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, Israel selatan, Senin (30/10/2023). - ( EPA-EFE/HANNIBAL HANSCHKE)

Hubungan diplomatik

Hubungan Israel-Thailand mengacu pada hubungan diplomatik dan budaya antara Negara Israel dan Kerajaan Thailand. Kedua negara tersebut telah menjalin hubungan resmi sejak Juni 1954.

Baca juga: Zionis Israel akan Hancur Binasa 3 Tahun Lagi? Prediksi Syekh Ahmad Yasin Kembali Viral

Kedutaan Besar Israel di Bangkok didirikan pada 1958. Sejak 1996, Thailand memiliki kedutaan besar di Tel Aviv. Thailand dan Israel memiliki hubungan yang erat dan bersahabat, serta bekerja sama dalam banyak bidang.

 

Hubungan antarmasyarakat antara kedua negara juga baik, karena ribuan warga Thailand bekerja di Israel, dan jutaan warga Israel telah mengunjungi dan terus mengunjungi Thailand.  

Foto seorang warga Thailand...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement