Kamis 02 Nov 2023 07:50 WIB

Kirim Bantuan Tahap I Rp 3 Miliar Bagi Warga Palestina, Kemlu RI Apresiasi Baznas

Bantuan Baznas tidak hanya berasal dari Pemerintah tetapi lembaga kemanusiaan

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi, pada press briefing yang diselenggarakan di Kemlu RI, Jakarta, Rabu (1/1/2023). Turut hadir Deputi II Baznas RI bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Imdadun Rahmat.
Foto: dok Baznas
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi, pada press briefing yang diselenggarakan di Kemlu RI, Jakarta, Rabu (1/1/2023). Turut hadir Deputi II Baznas RI bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Imdadun Rahmat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama, bagi masyarakat Palestina sebesar Rp 3 miliar.

Hal ini disambut baik Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi, pada press briefing yang diselenggarakan di Kemlu RI, Jakarta, Rabu (1/1/2023). Turut hadir Deputi II Baznas RI bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Imdadun Rahmat. 

"Bantuan yang akan kita kirim nanti bukan hanya berasal dari pemerintah, tetapi juga dari lembaga-lembaga kemanusiaan, lembaga zakat yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan terima kasih banyak kepada ibu/bapak yang sudah berkenan bergabung dengan kami, menunjukkan rasa solidaritas kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita yang ada di Gaza," ujar Menlu. 

Retno Marsudi menyampaikan, pihaknya telah berkomunikasi langsung dengan Menlu Palestina untuk mendapatkan informasi mengenai barang-barang yang diperlukan. Bantuan kemanusiaan yang sudah terkumpul akan dikirimkan pada akhir pekan ini.

 

Sementara itu, Deputi II Baznas RI bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Imadadun Rahmat, menyebutkan, hingga Rabu sore (1/1/2023), Baznas telah menerima infak kemanusiaan Palestina sebesar Rp 10 miliar. 

"Alhamdulillah donasi sudah hampir memenuhi target. Pada tahap pertama, BAZNAS akan mengirimkan bantuan senilai tiga miliar rupiah, namun ada kemungkinan peluang bantuan tahap pertama ini akan bertambah," ujar dia. 

Saat ini, tambah Imdad, Baznas telah menyiapkan barang-barang yang akan dikirimkan, seperti susu, kornet, sarden, mi instan, obat-obatan, popok hingga pembalut. Pemilihan bantuan ini pun telah disesuaikan dengan arahan dari Kemlu RI.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kemlu RI atas kerja sama dalam pengiriman bantuan bagi masyarakat Palestina ini. Kami juga mengapresiasi pemerintah yang telah mendorong gerakan nasional untuk membantu Palestina," ucap dia. 

Baznas mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada di bawah serangan Israel. Bantuan dapat disalurkan melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement