Rabu 01 Nov 2023 17:01 WIB

Pembangunan Berbasis SBSN, Kemenag DIY: Tingkatkan Citra Positif Madrasah

Madrasah berperan strategis mencetak generasi muda berakhlak mulia.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan siswa madrasah.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Ilustrasi kegiatan siswa madrasah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL - MAN 3 Bantul kali ini mendapat anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) senilai hampir Rp 7,6 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk membangun Gedung Laboratorium dan Perpustakaan tiga lantai yang telah terkoneksi dengan bangunan gedung lama. Termasuk kelengkapan mebelair.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Muntolib menilai, pembangunan gedung madrasah berbasis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) adalah upaya meningkatkan citra positif madrasah di tengah masyarakat.

Baca Juga

"Gedung yang megah ditambah sarana prasarana yang lengkap, tentu membentuk imej building dan citra positif madrasah,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Muntolib dalam rilis yang diterima Republika, beberapa waktu lalu.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Muntolib meninjau gedung tersebut pada Sabtu (14/10/2023). Turut hadir Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Abd. Suud, Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa Bidang Pendidikan Madrasah yang juga Ketua Tim Umum dan Protokol Kemenag DIY Bahrul Anwar, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sihono, termasuk Perencana, Pelaksana dan Pengawas Pembangunan Gedung MAN 3 Bantul.

Menurut Muntolib, prinsip dasar pembangunan berbasis SBSN adalah menambah image building citra positif bagi madrasah. “Maka sejak tahun 2021, kami berkomitmen gedung madrasah yang berada di pinggir jalan utama harus disupport penuh dengan pembangunan gedung yang megah,” tuturnya.

Harapannya, madrasah tidak lagi menjadi pilihan kedua, tapi pilihan utama. Pembangunan ini merupakan wujud kepedulian Kemenag untuk madrasah.

“Semoga pembangunan Gedung Laboratorium dan Perpustakaan MAN 3 Bantul ini termasuk tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran,” katanya.

Kabid Penmad Abd. Suud menambahkan, merawat lebih sulit daripada membangun itu sendiri. “Tentu gedung baru ini butuh perawatan ekstra,” kata Suud.

Sedang Kepala MAN 3 Bantul Syamsul Huda mengaku sangat bersyukur atas bantuan pembangunan ini. “Semoga kami dapat meningkatkan kualitas layanan. Harapan kami pembangunan ini akan memberikan kepercayaan bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Pekerjaan antara PPK Sihono dengan pelaksana CV Citra Kartika dan pengawas Kadung Karya Konsultan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement