Selasa 31 Oct 2023 09:31 WIB

MUI Tarakan Manfaatkan Media Digital untuk Dakwah

Literasi bermedia sosial masyarakat perlu mendapat perhatian menjelang pemilu.

Wali Kota Tarakan, Khairul (tengah) pada saat menghadiri pelatihan pemanfaatan TI untuk media dakwah yang diselenggarakan oleh MUI Kota Tarakan.
Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Tarakan
Wali Kota Tarakan, Khairul (tengah) pada saat menghadiri pelatihan pemanfaatan TI untuk media dakwah yang diselenggarakan oleh MUI Kota Tarakan.

REPUBLIKA.CO.ID, TARAKAN -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tarakan memanfaatkan teknologi informasi (TI) untuk media dakwah serta menguatkan literasi digital di lingkungan umat Islam.

"Hal ini dimaksudkan untuk menguatkan literasi digital di lingkungan umat Islam sehingga tidak terpapar oleh hoax dan mampu berinteraksi di ruang digital secara sehat dan mencerdaskan," kata Ketua MUI Kota Tarakan K.H. Muhammad Anas, Selasa (31/10/2023).   

Baca Juga

Terkait hal itu, ia belum lama menggelar pelatihan pemanfaatan TI untuk media dakwah bertemakan “Peran Strategis Media Digital dalam Dakwah Ulama menuju Pemilu 2024 yang Aman dan Damai”.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai perwakilan ormas Islam dan admin media sosial takmir masjid. Dilaksanakannya kegiatan tersebut merupakan bentuk realisasi MUI atas dukungan yang telah diberikan Pemkot Tarakan.

 

"Dukungan yang diberikan dimanfaatkan MUI antara lain untuk membantu fasilitasi sertifikasi halal bagi UMKM, safari sholat berjamaah untuk menjalin ukhuwah dan kegiatan pelatihan pemanfaatan media digital,” kata Anas.

Menanggapi kegiatan itu, Wali Kota Tarakan Khairul yang hadir menyampaikan kegiatan tersebut sangat penting untuk membangun masyarakat. "Hal ini telah dicontohkan Rasulullah pada masa lalu ketika memulai membangun peradaban melalui rumah-rumah ibadah,” kata Khairul.

Dia menambahkan literasi bermedia sosial masyarakat yang masih perlu mendapat perhatian saat menjelang pemilu. "Apalagi ini jelang Pemilu 2024 pasti ada perbedaan dan hal ini merupakan sunatullah, sehingga perlu kecerdasan dan kedewasaan untuk menyikapi dengan mengedepankan ukhuwah," katanya.

Dia berharap agar kegiatan ini dapat mencerdaskan kemampuan bermedia digital dan takmir masjid dapat terus menjaga kondusivitas di rumah ibadah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement