Senin 23 Oct 2023 23:10 WIB

Iran Kirimkan 60 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza

Bantuan itu dikirim dari Bandara Teheran ke Mesir.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza berbaris tertahan didepan gerbang perbatasan Rafah, di Rafah, Mesir, Sabtu (21/10/2023).
Foto: Satellite image ©2023 Maxar Technologies via
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza berbaris tertahan didepan gerbang perbatasan Rafah, di Rafah, Mesir, Sabtu (21/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,TEHERAN — Iran mengirim 60 ton bantuan kemanusiaan ke Mesir, untuk ditransfer ke Jalur Gaza melalui penyeberangan perbatasan Rafah. Pengiriman bantuan termasuk makanan, persediaan medis dan obat-obatan, menurut televisi pemerintah Iran pada hari Jumat.

Dilansir dari Middle East Monitor, Senin (23/10/2023), Bantuan itu dikirim dari Bandara Teheran ke Mesir berkoordinasi dengan Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran. 

Baca Juga

Sebelumnya hari ini, konvoi kemanusiaan, yang terdiri dari 20 truk, mulai memasuki Jalur Gaza dari sisi Mesir dari penyeberangan Rafah, yang pertama sejak konflik bersenjata pecah antara Israel dan kelompok Palestina Hamas pada Oktober. 7.

Konflik di Gaza, di bawah pemboman dan blokade Israel sejak 7 Oktober, dimulai ketika Hamas memulai Operasi Badai Al-Aqsa, serangan mendadak multicabang yang mencakup rentetan peluncuran roket dan infiltrasi ke Israel melalui darat, laut, dan udara. Serangan itu sebagai pembalasan atas penyerbuan Masjid Al Aqsa dan meningkatnya kekerasan oleh pemukim Israel.

Militer Israel kemudian meluncurkan Operasi Pedang Besi terhadap target Hamas di Jalur Gaza.

Gaza sedang mengalami krisis kemanusiaan yang mengerikan, tanpa listrik, sementara air, makanan, bahan bakar, dan persediaan medis hampir habis.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera untuk meringankan penderitaan manusia.

Setidaknya 4.137 orang Palestina, termasuk 1.524 anak-anak dan 1.000 wanita telah tewas dalam serangan Israel di Gaza, sementara angka tersebut mencapai lebih dari 1.400 orang di Israel.

Sumber:

https://www.middleeastmonitor.com/20231021-iran-sends-60-tons-of-humanitarian-aid-for-gaza/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement