Senin 23 Oct 2023 17:20 WIB

Hari Santri Momentum Memaksimalkan Pembangunan

Hari santri momentum menguatkan persatuan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Erdy Nasrul
Hari santri.
Foto: ANTARA FOTO/ZABUR KARURU
Hari santri.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Hari santri menjadi perhatian seluruh pemerintah daerah di Indonesia. Salah satunya Depok, warga dan ASN di sana berkomitmen meramaikan momentum tersebut.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyebut Hari Santri Nasional Tahun sebagai pengingat semangat resolusi jihad umat Islam yang berupaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Semangat yang dihidupkan para ulama saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. 

Baca Juga

"Peringatan Hari Santri ini merujuk pada keluarnya Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945. Dimana para ulama berjuang kembali mempertahankan Indonesia dan terjadilah peristiwa 10 November," jelas Imam Budi usai Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Lapangan Upacara Balai Kota Depok, Ahad (22/10/2023). 

Imam Budi mengatakan, keberadaan santri tidak boleh diabaikan. Sebab santri akan terus memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

 

"Jangan abaikan para santri, jihad mereka luar biasa untuk negara, juga untuk pembangunan di Kota Depok," katanya.

Dia menyebut, Kota Depok merupakan kota religius yang di dalamnya banyak pesantren dan santri yang akan membantu pembangunan di Kota Depok. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, diklaim Imam, akan terus memberikan perhatian kepada para santri. Seperti dengan menyiapkan pembangunan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). 

"Semoga langkah dan upaya yang kami lakukan dapat memberikan kesejahteraan untuk para santri di Kota Depok," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement