Senin 23 Oct 2023 16:15 WIB

HSN Upaya Jaga Kemerdekaan

Hari santri nasional jadi kebanggaan kaum santri.

Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Jawa Barat
Foto: republika
Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Lapangan Ngaralamo Kota Ternate dengan menggelar Apel Santri dipusatkan di Lapangan Ngaralamo Ternate, Ahad (22/10/2023).

"Apel tersebut diikuti 3500 orang dari lembaga pendidikan keagamaan Islam, yakni Kantor Kementerian Agama Kota Ternate, PCNU dan Muslimat NU Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate," kata Kepala Kanwil Kemenag Malut, Amar Manaf di Ternate, Senin.

Baca Juga

Meskipun saat menjalankan tugas di luar daerah, tetapi tetap mengikuti apel melalui zoom sekaligus memantau pelaksanaan Apel Hari Santri di wilayah Malut dipusatkan di Kota Ternate.

"Pelaksanaan apel Hari Santri 2023 harus dimaknai sebagai semangat menjaga kemerdekaan dan keutuhan bangsa negeri kita Indonesia. Kemudian, jihad santri saat ini bukan lagi mengangkat senjata, tetapi dengan ilmu pengetahuan," ujar Amar.

 

Oleh karena itu, dia mengimbau agar seluruh santri lebih giat menuntut ilmu. Sebab dengan ilmu pengetahuan, tentu akan merdeka dari kebodohan dan kemiskinan, sebab, dengan memiliki ilmu pengetahuan yang luas juga tidak akan mudah diadu domba.

"Mari bersama-sama kita jaga kedaulatan negeri Indonesia dari perpecahan, penjajahan kebodohan dan kemiskinan," ujar Amar.

Dalam kesempatan itu, kegiatan pawai taruf santriwan dan santriwati berkumpul di lapangan Ngara Lamo. Para peserta pawai taruf dilepas dengan berjalan kaki menuju Taman Land Mark, adapun rute pawai taruf dimulai di Lapangan Ngara Lamo - Pasar Higienis - Masjid Almunawar - Finish taman taman Land Mark.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement