Jumat 20 Oct 2023 19:57 WIB

Jalan Sehat Hari Santri 2023 Siapkan Hadiah 60 Paket Umroh Gratis

Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB di Gedung Grahadi Surabaya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Kota Surabaya meriahkan Hari Santri Nasional 2023 bersama sejumlah travel haji dan umroh.
Foto: Dok. Kemenag
Kota Surabaya meriahkan Hari Santri Nasional 2023 bersama sejumlah travel haji dan umroh.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sejumlah kiai, tokoh, dan 100 ribu-an peserta akan mengikuti Jalan Sehat dalam rangka memperingati Hari Santri 2023 di Surabaya pada Sabtu (21/10/2023) pagi. Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo memastikan hadiah utama dalam jalan sehat ini adalah 60 paket umroh gratis.

Menurut dia, masyarakat bisa berpeluang menjalankan ibadah umroh dengan mengikuti jalan sehat ini. Namun ia menegaskan, warga yang antusias mengikuti jalan sehat ini bukan semata-mata karena berharap mendapatkan bonus atau hadiahnya, tetapi lantaran tertarik untuk menjalin kebersamaan dalam merayakan Hari Santri 2023.

Baca Juga

"Ketertarikannya ini adalah kebersamaan. Kegiatan ini kegiatan kegembiaraan. Meluapkan kebersamaan dalam keberagaman dalam rangka Hari Santri 2023. Karena kegembiraan, makanya kami memberikan apresiasi lebih dengan dukungan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang ingin bergembira bersama santri," ujar Bowo dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB sampai selesai, dengan titik start dan finis di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur. Menurut Bowo, agenda Jalan Sehat ini akan diikuti oleh para tokoh ulama, kiai, dan pejabat yang bakal membersamai kurang-lebih 100 ribu peserta.

Beberapa di antaranya adalah Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran pemerintah Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur.

"Bu Gubernur, Menag, ketum PBNU, Rais Aam, Pak Kadis, jajaran pemerintah kota Surabaya dan Pemorov Jatim, diundang semua. Insya Allah hadir merayakan," ucap Bowo.

Namun, dia belum bisa menyampaikan jumlah pasti peserta jalan sehat ini karena hingga kini pendaftaran masih terus dibuka. Per hari ini, kata dia, peserta yang mendaftar untuk ikut jalan sehat sudah lebih dari 90 ribu orang.

Juru Bicara Kemenag Anna Hasbie mengungkapkan seluruh rangkaian Hari Santri 2023, termasuk salah satunya adalah jalan sehat ini merupakan agenda kolaborasi antara Kementerian Agama, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan PBNU.

Dia menambahkan, Jalan Sehat 2023 di Surabaya besok merupakan kegiatan yang dimotori oleh Dispora Jawa Timur. Panitia saat ini masih membuka pendaftaran dengan kuota 5.000 slot.

"Jalan sehat dimotori Dispora. Peserta sudah 95 ribu. Masih ada lima ribu slot lagi. Hadiah utamanya dari BSI satu unit mobil dan 60 paket umroh," kata Anna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement