Kamis 19 Oct 2023 16:57 WIB

Ijazah Kubro Pagar Nusa Bakal Meriahkan Perayaan Hari Santri

Ijazah Kubro merupakan agenda besar yang menjadi momentum ngalap berkah dari kiai.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah
Pesilat dari Pagar Nusa memperagakan jurus saat pertunjukan pada peringatan Hari Santri Nasional di Balai Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (22/10/2022).
Foto: ANTARA/Fauzan
Pesilat dari Pagar Nusa memperagakan jurus saat pertunjukan pada peringatan Hari Santri Nasional di Balai Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (22/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pimpinan Pusat (PP) Pagar Nusa Nahdlatul Ulama bakal menggelar Ijazah Kubro bertepatan dengan momentum perayaan Hari Santri Nasional 2023. Ketua Umum PP Pagar Nusa M. Nabil Haroen menjelaskan Ijazah Kubro yang merupakan agenda lima tahunan tersebut akan dilaksanakan di Lapangan Bumi Moro, Surabaya.

Acra tersebut akan dihadiri sekitar 25 ribu pendekar, kader Pagar Nusa, serta warga Nahdliyyin. Presiden Joko Widodo juga diagendakan bakal menghadiri Ijazah Kubro yang di dalamnya juga bakal dilakukan pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa.

Baca Juga

"Jadi ini agenda yang sangat sakral, dihadiri oleh puluhan kiai-kiai sepuh, Presiden Joko Widodo, jajaran menteri, serta Ketua Umum PBNU dan jajarannya," kata Nabil pada konferensi press yqng digelar di Foodies Gallery, Surabaya, Kamis (19/10/2023).

Nabil mengatakan, Ijazah Kubro merupakan agenda besar yang menjadi momentum untuk ngalap berkah dari para kiai. Sebelumnya, timm Pagar Nusa juga telah bersilaturahmi ke para kiai sepuh untuk meminta doa, naskah ijazah, hingga air asma’ yang didoakan untuk kemudian diberikan kepada peserta ijazah.

 

"Sebulan terakhir, tim Pagar Nusa sudah berkeliling dari Banten hingga Jawa Timur, untuk sowan kepada para kiai sepuh," ujar Nabil.

Nabil menjelaskan, ada puluhan kiai sepuh yang memberikan doa dan ijazah. Di antaranya KH. Mustofa Bisri (Rembang), Kiai Miftahul Achyar (Rais ‘Aam PBNU), KH. Said Aqil Siroj (Jakarta), Kiai Anwar Mansur (Lirboyo, Kediri), KH. Nurul Huda Jazuli (Ploso, Kediri), Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan), KH. Yahya C Staquf (Ketua Umum PBNU).

Selain itu, KH. Agoes Ali Masyhuri (Pondok Pesantren Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo), KH. Abdullah Kafabihi Mahrus (Pondok Pesantren Lirboyo, Mojoroto, Kediri), KH. Muhtadi Dimyati (Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Cidahu, Pandeglang), KH. Raden Kholil As’ad Syamsul Arifin (Pondok Pesantren Wali Songo, Panji, Situbondo), KH. Achmad Muzakki Syah (Pondok Pesantren Al Qodiri, Gebang, Patrang, Jember), H. Badrul Huda Zainal Abidin, (Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri), serta beberapa kiai lain.

Ketua Panitia Ijazah Kubro Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito menambahkan sudah berkoordinasi dengan lintas pihak untuk persiapan Ijazah Kubro ini. Mulai dari koordinasi dengan Paspampres untuk kehadiran Presiden RI dan jajaran, juga beberapa pihak untuk persiapan teknis dan pengamanan.

"Kami juga berkoordinasi intensif dengan tim PBNU agar semua persiapan menjadi sinkron dengan arahan Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf," kata Ganip Warsito.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement