Selasa 17 Oct 2023 01:32 WIB

Si Cantik dalam Buku Kisah Permaisuri Sultan Siak

Bupati Siak sambut baik peluncuran buku Kisah Permaisuri Sultan Siak

Peluncuran buku permaisuri Sultan Siak
Foto: dok web
Peluncuran buku permaisuri Sultan Siak

Datuk O.K Nizami Jamil juga menjelaskan isi buku yang ia tulis tentang perjuangan Tengku Maharatu adalah saat mendampingi Sultan Syarif Kasim II sebagai permaisuri dalam mempertahankan Kemerdekaan RI masa itu. Pada tanggal 17 Oktober tahun 1945, Sultan Syarif Kasim II didampingi Tengku Maharatu sebagai permaisuri, disaksikan pembesar kerajaan dan rakyat Kerajaan Siak.

“Sutan Siak menyatakan bergabung dan mendukung kemerdekaan NKRI. Tanda kutip ini bukan 'menyerah' ya, Sultan Siak kut berjuang mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia di bawah pimpinan Soekarno-Hatta. Sosok Tengku Maharatu salah seorang wanita yang berperan dalam perjuangan kemerdekaan RI di Kabupaten Siak,” ungkap dia.

Salah satunya bendera yang dinaikkan di halaman Istana Kerajaan Siak saat Indonesia merdeka itu dijahit Tengku Maharatu. Bendera tersebut adalah Bendera Belanda yang dikoyak, disobek, dan dibuang warna birunya.

 

"Karena pada masa itu, tidak ada kain berwarna merah dan putih di Siak Sri Indrapura. Saat ini, bendera tersebut disimpan sebagai benda peninggalan sejarah di Istana Asserayah Hasyimiah yang dulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Siak Sri Indrapura," urainya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement