Kamis 12 Oct 2023 13:23 WIB

5 Keinginan Orang Mati Andai Hidup Kembali

Orang mati merasakan penyesalan yang dalam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pekuburan.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi pekuburan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang yang telah mati maka mereka berada di alam kubur dan tidak bisa kembali ke dunia. Mereka berada di alam kubur sampai Allah Ta'ala membangkitkannya kelak pada hari Kiamat. 

Melalui pesan Telegram, Ustadz Najmi Umar Bakkar mengungkapkan, Allah Ta'ala dan Rasul ﷺ menyebutkan tentang beberapa keinginan orang yang telah mati andaikan mereka bisa hidup kembali ke alam dunia, berikut di antaranya :

Baca Juga

(1). Shalat Sunnah dua Rakaat 

Abu Hurairah رضي الله عنه telah berkata: 

"Rasulullah صلى الله عليه و سلم melewati sebuah Kuburan, lalu beliau bertanya : "Siapa penghuni kuburan ini ?" Mereka pun lalu menjawab : "Ini kuburannya si Fulan", lantas Rasulullah ﷺ bersabda: "Shalat dengan dua rakaat lebih dia cintai, daripada apa-apa yang Tersisa dari dunia kalian" (HR. Ath-Thabraaniy, Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 391)

 

(2). Ingin Bersedekah

وَاَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَآ اَخَّرْتَنِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۚ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ 

"Dan infakkanlah sebagian (Rezeki) dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kalian. Lantas dia pun Berkata (dengan Menyesali) : "Ya Tuhanku, Sekiranya Engkau Berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku pun dapat bersedekah dan termasuk orang-orang yang shalih" (QS. Al-Munafiqun ayat 10)

(3). Melaksanakan Amal Shalih 

"(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), sehingga apabila Datang kematian Kepada Seseorang Dari Mereka, dia pun berkata : "Ya Tuhanku, kembalikan aku (ke dunia) agar aku dapat beramal shalih yang telah aku tinggalkan". Sekali-kali tidak! Sungguh itu adalah dalih yang diucapkannya saja, dan di hadapan mereka ada Barzakh Sampai Pada Hari Mereka dibangkitkan" (QS.Al-Mukminun ayat 99-100)

Imam Ibnu Rajab رحمه الله berkata :

 

"Angan-angan terbesar orang-orang yang mati di alam Kubur mereka adalah Hidup Sesaat untuk Taubat dan Beramal shalih yang telah luput dari mereka, sedangkan orang-orang yang Masih Hidup di Dunia ini justru menyia-nyiakan hidup mereka sehingga Umur mereka habis percuma dalam kelalaian, bahkan sebagian dari mereka ada yang menghabiskannya untuk bermaksiat" (Lathaa-iful Ma’aarif hal 339) 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement