Selasa 10 Oct 2023 14:50 WIB

Dajjal, Israel, dan Perlawanan Palestina untuk Bela Al Quds

Dajjal dan 70 Ribu Yahudi Versus Nabi Isa di Pintu Ludd Palestina 

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi militer Hamas Palestina yang melawan Israel.
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Ilustrasi militer Hamas Palestina yang melawan Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dajjal akan muncul dari wilayah Ashbihan atau ada yang menyebut juga Isfahan atau Khurasan sebuah wilayah yang terletak di ujung timur Laut Iran.

Sebagaimana Imam Muslim meriwayatkan hadits dari Anas bin Malik menjelaskan bahwa tujuh puluh ribu orang-orang Yahudi Ashbihan akan menjadi pengikut Dajjal.

Baca Juga

Mereka mengenakan jubah tebal dan bergaris. Meski dalam riwayat lainnya menyebutkan jumlah orang Yahudi Ashbihan yang menjadi pengikut Dajjal sebanyak delapan puluh ribu dengan mengenakan topi perang.  

Setelah muncul, Dajjal kemudian akan singgah di setiap kampung kecuali Makkah dan Madinah. Para malaikat menjaga dua kota suci itu sehingga tidak dapat dimasuki Dajjal. Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, Imam Muslim dan Imam Hakim disebutkan bahwa Dajjal akan berada di bumi selama empat puluh tahun. Kemudian Allah SWT mengutus nabi Isa untuk membunuh Dajjal.

 يخرج الدجال من أمتي فيمكث أربعين فيبعث الله عيسى بن مريم كأنه عروة بن مسعود الثقفي فيطلبه فيهلكه 

Dajjal itu keluar dari umatku. Ia tinggal (di bumi) selama empat puluh. Kemudian Allah mengutus Isa ibn Maryam yang seolah seperti Urwah Ibn Mas'ud at-Tsaqafy (nama seorang sahabat nabi). Kemudian Isa ibn Maryam mencari Dajjal itu dan membunuhnya. (Hadits riwayat Imam Ahmad, (2/166), Imam Muslim (2940) dan Imam Al-Hakim (4/550).

Kelak nabi Isa diturunkan Allah di timur Damaskus. Lalu nabi Isa menemukan Dajjal dan membunuhnya di pintu Ludd (Palestina). Sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan dari an Nawwas bin Sam'an

فَبَيْنَمَا هُوَ كَذَلِكَ إِذْ بَعَثَ اللَّهُ الْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ فَيَنْزِلُ عِنْدَ الْمَنَارَةِ الْبَيْضَاءِ شَرْقِىَّ دِمَشْقَ بَيْنَ مَهْرُودَتَيْنِ وَاضِعًا كَفَّيْهِ عَلَى أَجْنِحَةِ مَلَكَيْنِ إِذَا طَأْطَأَ رَأَسَهُ قَطَرَ وَإِذَا رَفَعَهُ تَحَدَّرَ مِنْهُ جُمَانٌ كَاللُّؤْلُؤِ فَلاَ يَحِلُّ لِكَافِرٍ يَجِدُ رِيحَ نَفَسِهِ إِلاَّ مَاتَ وَنَفَسُهُ يَنْتَهِى حَيْثُ يَنْتَهِى طَرْفُهُ فَيَطْلُبُهُ حَتَّى يُدْرِكَهُ بِبَابِ لُدٍّ فَيَقْتُلُهُ ثُمَّ يَأْتِى عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ قَوْمٌ قَدْ عَصَمَهُمُ اللَّهُ مِنْهُ فَيَمْسَحُ عَنْ وُجُوهِهِمْ وَيُحَدِّثُهُمْ بِدَرَجَاتِهِمْ فِى الْجَنَّةِ 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement