Jumat 06 Oct 2023 15:55 WIB

Baznas Bangun Sanitasi Total untuk Masyarakat

Sudah 10 unit sanitasi total yang telah dibangun tersebar di wilayah Depok dan Bogor.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Gita Amanda
Baznas bersama PT Henan Putihrai Asset Management meresmikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Sawangan, Depok, Jumat (6/10/2023).
Foto: Dok Baznas
Baznas bersama PT Henan Putihrai Asset Management meresmikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Sawangan, Depok, Jumat (6/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membangun sanitasi total berbasis masyarakat bekerja sama dengan PT Henan Putihrai Asset Management di 10 titik. Direktur Operasional PT Henan Putihrai Asset Management Farid Azhar Nasution mengatakan, kerja sama dengan Baznas merupakan bagian dari program syariah berkah.

"Sejak beberapa tahun terakhir kami melakukan penyaluran dana nonhalal asset management melalui lembaga yang kredibel. Seluruh dana ini dikelola oleh Baznas karena kami yakin akan bermanfaat untuk masyarakat banyak," ujar Farid seusai meresmikan unit sanitasi di Pasir Putih, Depok, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga

Saat ini sudah 10 unit sanitasi total yang telah dibangun tersebar di wilayah Depok dan Bogor. Mereka menganggarkan tahun ini sebesar Rp 500 juta sama seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Saat ini dana yang dikelola oleh PT HPAM sebanyak Rp 8 triliun. Tahun depan mereka menargetkan bisa mengelola dana hingga Rp 10 triliun-Rp 12 triliun sehingga penyaluran untuk program syariah berkah dapat lebih besar.  

"Kami percaya bahwa kebaikan yang kita sebarkan melalui Baznas akan mengalir dan memberikan manfaat berlipat ganda kepada komunitas. Kami berharap program ini akan menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan HPAM dan akan memberikan inspirasi bagi perusahaan lainnya untuk terlibat dalam upaya-upaya sosial yang positif," ujar Farid.

Farid juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas, Pemerintah Daerah Kota Depok, dan sejumlah komunitas yang mendukung program yang dikemas dengan nama 'Apik Resik' ini, yang dilakukan secara bersama-sama.  

Kali ini PT HPAM dan Baznas meresmikan sarana Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk sekitar 20 Kepala Keluarga (KK) di Sawangan, Kota Depok. Peresmian tersebut merupakan rangkaian dari program pembangunan sarana STBM yang telah dilakukan atas sinergi HPAM dengan Baznas.

Wakil Ketua Baznas RI Mo Mahdum mengatakan, STBM merupakan sarana yang sangat penting bagi masyarakat, terutama mustahik, untuk menunjang kebutuhan kesehatannya. "Pembangunan STBM kali ini dilakukan di 10 titik yang tersebar di wilayah Bogor dan Depok dengan total dana sebesar Rp 506.568.022. Dana ini merupakan donasi dana kebajikan dari HPAM yang disalurkan melalui Baznas," ujar Mahdum.

Mahdum juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran HPAM, dan meminta kepada masyarakat penerima manfaat agar dapat memanfaatkan dan menjaga fasilitas STBM dengan baik.  

Tak lupa, Mahdum juga meminta masyarakat penerima manfaat yang terdiri dari 20 Kepala Keluarga, mendoakan HPAM agar terus berkembang dan memberi manfaat lebih banyak bagi masyarakat. "Mudah-mudahan kebaikan yang dilakukan oleh HPAM bisa ditiru oleh perusahaan sekuritas lainnya," ujar Mahdum.

Hadir dalam kegiatan peresmian ini, Wakil Ketua Baznas RI Mo Mahdum, Direktur HPAM, Farid A Nasution, Ketua Dewan Perwakilan Syariah (DPS) HPAM, Prof Mohammad Baharun, Ketua Baznas Kota Depok Dr Endang Ahmad Yani, Dinas Kesehatan Kota Depok, dan Lurah Pasir Putih.

Kegiatan peresmian sarana STBM yang dilakukan di Jalan Garuda RT 02 RW 07, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok tersebut juga dimeriahkan dengan bazar sembako murah serta layanan kesehatan gratis untuk warga sekitar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement