Kamis 05 Oct 2023 06:56 WIB

OKI Kutuk Serangan Pasukan Israel ke Masjid Al Aqsa

Pasukan Israel menyerang dan mengusir secara paksa jamaah dari Masjid Al Aqsa.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
 Seorang polisi wanita Israel menarik seorang jamaah wanita yang sedang duduk di tanah di kompleks Masjid Al-Aqsa setelah penggerebekan di lokasi tersebut pada bulan suci Ramadhan di Kota Tua Yerusalem, Rabu (5/4/2023) .
Foto:

Pada saat yang sama, mereka juga menyerukan masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawab mengambil tindakan tegas terhadap Israel dan mengakhiri pelanggaran serius ini. OKI menekankan perlunya menjaga status sejarah dan hukum situs suci Islam dan Kristen di kota Al-Quds, Yerusalem, yang diduduki.

Sebelumnya, Departemen Wakaf Islam di kota Yerusalem yang diduduki, mengatakan pasukan pendudukan memperketat tindakan mereka di sekitar Masjid al-Aqsa. Bahkan mereka mencegah sejumlah pegawai Wakaf memasuki situs suci Islam pada Rabu (4/10/2023) pagi.

Sumber mengatakan, pasukan pendudukan memeriksa kartu identitas para karyawan dan mencegah beberapa dari mereka memasuki halaman masjid, sementara mereka hendak melakukan pekerjaannya di sana.

Di sisi lain, pasukan ini juga memeriksa kartu identitas warga Yerusalem yang datang untuk melaksanakan shoalat. Tidak sedikit yang diadang dan dilarang masuk, sembari menahan kartu identitas orang yang diperbolehkan masuk masjid dan melarang mereka bergerak kecuali di area tertentu.

Media lokal melaporkan sejumlah besar pemukim menyerbu Kota Tua dekat Gerbang Dewan. Selanjutnya mereka melakukan ritual dan doa Talmud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement