Kamis 05 Oct 2023 04:57 WIB

Kemenag Tingkatkan Wawasan Moderasi Beragama

Moderasi beragama menguatkan masyarakat untuk cinta Tanah Air.

Ilustrasi kegiatan moderasi beragama.
Foto: Dok. Web
Ilustrasi kegiatan moderasi beragama.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkatkan wawasan moderasi beragama pada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di provinsi setempat.

"Saya ingatkan pentingnya nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan saling menghargai perbedaan, menjaga keragaman ciptaan Tuhan, dan menjaga kerukunan umat beragama," kata Kakanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe di Manado, Senin (5/10/2023).

Baca Juga

Sarbin mengatakan moderasi beragama adalah cara pandang dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri, ini adalah kunci dari keutuhan bangsa Indonesia.

Kakanwil mengingatkan program prioritas Kemenag yang di sampaikan oleh Gus Menteri Agama adalah penguatan moderasi beragama, kemandirian pesantren, revitalisasi KUA, transformasi digital, Cyber Islamic University, religiosity index.

 

Ia meminta agar ASN Kemenag memanfaatkan media sosial, dengan memberikan edukasi dan berantas berita hoax, buat status yang baik dengan berbagai kegiatan positif sesuai dengan tugas masing-masing.

Kakanwil menjelaskan moderasi beragama adalah cara pandang, sikap dan perilaku beragama yang dianut dan dipraktikkan oleh sebagian besar penduduk negeri ini, dari dulu hingga sekarang.​​​​​

Pemerintah juga menjadikan moderasi beragama sebagai salah satu program nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement