Selasa 26 Sep 2023 15:02 WIB

Alhamdulillah BMKG Sebut Hujan Segera Datang, ini 5 Alasan Orang Rindu Hujan

Hujan adalah anugerah dan tanda Allah menyayangi makhluk-Nya.

Musim hujan (Ilustrasi)
Foto: Pixnio
Musim hujan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — BMKG memperkirakan musim hujan tahun 2023 dan setelahnya akan terjadi pada Oktober hingga Desember 2023. Banyaknya mencapai 477 ZOM (68,24%).

Sejumlah daerah diperkirakan mendaparkan pengaruh bibit siklon tropis 91W yang berpindah dari Laut China Selatan ke arah barat. Prakirawan BMKG Dendi Rona Purnama menjelaskan hal tersebut akan mengakibatkan hujan.

Baca Juga

Intensitasnya mulai sedang hingga lebat. Tak hanya itu, hujan juga akan disertai sambaran kilat di wilayah Indonesia Barat. “Ini sudah kami amati sejak beberapa waktu lalu,” ujar dia diikuti dari YouTube BMKG di Jakarta.

Wilayah Barat Indonesia terdiri dari Aceh dan semua provinsi di pulau Sumatera. Kemudian Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagian Kalimantan. Artinya, Jabodetabek akan segera diguyur hujan. 

Nah, hujan, bukan sekadar tangisan langit yang membasahi bumi. Ada sejumlah kenikmatan yang membuat siapapun merindukan hujan. Berikut ini ulasannya.

1. Bau hujan menyegarkan pikiran 

Ketika angin berembus menjelang hujan turun, bau air bercampur tanah sudah mulai tercium. Bau ini merangsang insting setiap orang untuk bersiap menyambut hujan. Ada yang mengucapkan alhamdulillah dan bersyukur Allah melimpahkan rezeki melalui hujan.

2. Hadirkan ketenangan

Hujan harus disikapi dengan berdiam diri. Menikmati setiap rintikannya menjadi suara yang menenangkan pikiran. Akan lebih nikmat bila dibarengi dengan dzikir dan doa atau tadabbur ayat Alquran.

 

Lihat halaman berikutnya >>>>

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement