Senin 25 Sep 2023 19:16 WIB

Jusuf Kalla Berharap UIII Lahirkan Generasi Muda Muslim Moderat

JK mengajak generasi muda bersama menegakkan kembali dunia Islam.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Jusuf Kalla Berharap UIII Lahirkan Generasi Muda Muslim Moderat
Foto: Republika/Thoudy Badai
Jusuf Kalla Berharap UIII Lahirkan Generasi Muda Muslim Moderat

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ketua Majelis Wali Amanah Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Jusuf Kalla (JK) berharap Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) melahirkan generasi muda muslim yang moderat.

Dia mengatakan, seluruh dosen dan guru besar UIII harus membina mahasiswanya dengan sungguh-sungguh, sehingga bisa bermanfaat untuk umat di negaranya masing-masing.

Baca Juga

"Tentu saja itu menjadi harapan kita semua dalam menciptakan generasi muda Islam yang moderat serta bermanfaat dalam peningkatan kesejahteraan serta kedamaian dunia," ujar JK dalam siaran persnya, Senin (25/9/2023).

Hal tersebut disampaikan JK saat menyampaikan sambutan selamat datang kepada 240 Mahasiswa Baru UIII Tahun Ajaran 2023-2024. Dalam kesempatan tersebut, mantan Wakil Presiden RI ini juga mengingatkan pentingnya menciptakakn kedamaian dalam berbangsa dan bernegara.

"Karena tidak ada negara yang maju dengan hanya ilmu dan agama tapi negara maju tidak ada yang damai tanpa agama," ucap JK di Gedung Rektorat Kampus UIII Depok, Jawa Barat.

Berbicara di hadapan ratusan mahasiswa baru dari berbagai negara, JK menyampaikan ucapan selamat dating dan menceritakan tentang tujuan didirikannya UIII.

"Universitas ini didirikan untuk generasi muda islam di manapun untuk membangun, mengamalkan Islam yang moderat, wasathiyah hingga penuh dengan kedamaian dan hingga kita menciptakan dunia yang baik," kata JK.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengatakan Islam memiliki sejarah yang besar tentang majunya dunia islam. Melalui UII, JK mengajak generasi muda Islam untuk bersama-sama menegakkan kembali dunia Islam yang maju.

"Olehnya itu Anda semua harus belajar dengan penuh perhatian, fokus dan serius. Uiversitas negeri ini akan membantu dan melengkapi Anda semua dengan semua hal yang dibutuhkan untuk memperdalam ilmu yang anda dalami," jelas JK.

Untuk diketahui, UIII sudah memulai kuliah perdana pada 27 September 2021. Kampus ini didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 29 Juni 2016 dengan status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

UIII merupakan Perguruan tinggi berskala internasional yang dirancang sebagai kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. UIII dibangun di atas lahan seluas 142,5 hektare.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement