Jumat 22 Sep 2023 15:36 WIB

Hikmah Merayakan Maulid Nabi Muhammad

Jika bergembira dengan lahirnya Nabi Muhammad, maka mendapat ampunan dari Allah SWT.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Hikmah Merayakan Maulid Nabi Muhammad
Foto:

Dengan mengingat Rasulullah SAW, maka akan menimbulkan kasih dan sayang, dan ini sebagai tanda bukti kecintaan kepada Rasulullah. Sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR Muslim)

Abdul Rosyid menjelaskan, antara mengingat dan mengucap saling terkait. Jika seseorang mencintai, maka ia akan selalu mengingat orang yang dicinta dan akan selalu menyebut nama orang yang dicinta. Sebagaimana dikatakan pepatah Arab, “Barang siapa mencintai sesuatu/seseorang maka dia akan banyak menyebut namanya.”

Jika mencintai Nabi, maka tentu harus menyebut nama Nabi. Caranya yaitu dengan membaca sholawat “allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala alii muhammad” dalam rangkaian sholat. “Kalimat shalawat disebut dalam tasyahud awal dan tasyahud akhir maka dalam sehari kita bersholawat sebanyak sembilan kali,” jelas Abdul Rosyid.  

Sebagaimana dikethaui, Maulid nabi adalah hari kelahiran nabi Muhammad SAW, yang lahir pada 12 Rabiul Awal tahun gajah. Disebut tahun gajah karena pada saat kelahiran nabi terjadi peristiwa penyerangan Ka’bah oleh raja Abrahah menggunakan pasukan bergajah.

Selain peristiwa penyerangan Ka’bah oleh Raja Abrahah, kelahiran nabi banyak ditandai dengan peristiwa-peristiwa luar biasa, seperti robohnya 14 pilar istana khosrau (pusat kezhaliman) di Persia, api di kuil pemujaan bangsa Persia tiba-tiba mati, air danau Sawat yang dikultuskan bangsa Persia tiba-tiba kering dan surut, berhala di sekitar Ka’bah berjatuhan dan hancur, dan gereja di kerajaan Romawi tiba-tiba runtuh.

Tanda alam menyambut utusan Allah...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement