Kamis 21 Sep 2023 10:07 WIB

Mensos Belanda Akui Diam-Diam Selidiki Masjid dan Muslim

Belanda berupaya memulihkan kepercayaan antara komunitas Muslim dan pemerintah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Masjid di Belanda
Foto:

“Saya merasa sedih karena sebagian Muslim Belanda mengalami perasaan diskriminasi dan dirugikan, juga sebagai akibat dari tindakan pemerintah,” ucap dia. Secara tidak langsung, ia mengakui pemerintah turut andil dalam hal ini. Sebagai informasi, Kabinet Belanda disebut telah berjuang selama bertahun-tahun melawan perilaku bermasalah, sebuah istilah kolektif untuk Muslim fundamentalis yang diyakini pemerintah menentang integrasi.

"Dengan menyebarkan jaring yang begitu luas, pemerintah secara tidak sengaja telah berkontribusi terhadap stigmatisasi kelompok besar Muslim yang tidak ada hubungannya dengan hal ini dan hanya ingin berkontribusi pada masyarakat Belanda,” kata Van Gennip.

Tidak hanya itu, ia lantas mengumumkan beberapa langkah untuk memerangi diskriminasi terhadap umat Islam. Pemerintah disebut akan berbicara dengan bank-bank yang dituduh menolak rekening Muslim, sekaligus meluncurkan penelitian lainnya mengenai diskriminasi terhadap Muslim di Belanda.

Studi tersebut disampaikan harus memberikan wawasan mengenai apakah pemerintah telah melakukan hal yang benar dalam mengatasi diskriminasi terhadap Muslim, atau apakah masih membiarkan peluang tersebut tidak dimanfaatkan.

Kepada umat Muslim yang yakin Kementerian Sosial sebelumnya telah menyelidiki mereka secara diam-diam, disebut dapat menghubungi kementerian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement