Senin 18 Sep 2023 15:06 WIB

Amanah Takaful dan Berkah Jogja Berbagi Resmikan Sumur Air Bersih di Bantul

Peresmian sumur air bersih itu dihadiri langsung oleh Bupati Bantul.

Amanah Takaful dan Berkah Jogja Berbagi meresmikan sumber air bersih di Dusun Kalidadap 1, RT 06, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY, Ahad (17/9/2023).
Foto: Dok Amanah Takaful
Amanah Takaful dan Berkah Jogja Berbagi meresmikan sumber air bersih di Dusun Kalidadap 1, RT 06, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY, Ahad (17/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musibah kekeringan yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia menjadi sorotan utama dan Kabupaten Bantul tak luput dari dampaknya. Mengambil langkah kolaboratif, Amanah Takaful dan Berkah Jogja Berbagi meresmikan sumber air bersih di Dusun Kalidadap 1, RT 06, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ahad (17/9/2023).

Peresmian sumur air bersih ini dihadiri oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih; Direktur Amanah Takaful Ade Abdurachman; Ketua Berkah Jogja Berbagi Kusmadiyono; Panewu/Camat Imogiri Slamet Santoso, SIP; kepala Dusun Kalidadap 1; ketua RT 06; serta warga sekitar yang sangat antusias.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Bupati H. Abdul Halim Muslih menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkolaborasi untuk membantu masyarakat. "Terima kasih kepada Amanah Takaful dan Berkah Jogja Berbagi, setelah dilakukan identifikasi sumber air, kemudian dilanjutkan secara nyata dengan pengeboran sumur air yang bermanfaat sekali bagi masyarakat di Desa Selopamioro. Semoga di masa yang akan datang, tidak ada lagi warga yang kesulitan mendapat air bersih terutama di musim kekeringan seperti sekarang ini," ujar Bupati Halim dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Bupati juga berharap agar langkah ini menjadi solusi yang bisa diterapkan di tempat lainnya.

Ade Abdurachman selaku direktur Amanah Takaful mengungkapkan, program ini merupakan respons konkret terhadap masalah kekeringan yang melanda warga setempat, yang sehari-hari berjuang untuk mendapatkan air bersih sebagai sumber air minum dan kebutuhan MCK lainnya. Kini, warga memiliki sumber air bersih yang lebih layak dan mencukupi untuk dimanfaatkan oleh hampir 38 KK atau sekitar 190 jiwa yang tinggal di dusun tersebut.

“Kolaborasi Amanah Takaful dan Berkah Jogja Berbagi (BJB-AYP) aksi ini bukanlah yang pertama kalinya, Alhamdulillah sebelumnya sekitar 32 mobil tangki air bersih telah difungsikan untuk menyuplai sekitar 160 ribu liter untuk warga yang tinggal di beberapa dusun yang mengalami krisis air, termasuk di dalamnya Dusun Kalidadap 1 dan 2, serta Dusun Seropan 2 di Desa Munthuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul-DIY,” kata Ade Abdurachman.

Ia berharap, dengan peresmian sumur air bersih ini, masyarakat di wilayah tersebut akan memiliki akses yang lebih baik terhadap air bersih dan dapat mengatasi masalah kekeringan pada masa yang akan datang. “Program seperti ini adalah contoh nyata bahwa kolaborasi antara berbagai pihak dapat menghasilkan perubahan positif yang signifikan bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Ade Abdurachman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement