Selasa 12 Sep 2023 14:35 WIB

Ketum PB Mathlaul Anwar Ingatkan DKM Jaga Netralitas Masjid

Netralitas masjid hal penting agar rumah ibadah tidak dijadikan panggung politik.

Sejumlah pekerja menggunakan alat berat memindahkan batu grip di tepi Pantai Padang, Sumatera Barat, Selasa (11/7/2023). Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V tahun ini melakukan penanganan abrasi di Pantai Padang dengan menyusun batu grip untuk pengamanan pantai di sekitar Masjid Al Hakim.
Foto:

“Orang-orang itu membuat konten agar viral dan kemudian dapat bayaran, kan sekarang begitu kenyataannya. Mendramatisir sesuatu agar viral kemudian dia dapat bayaran. Pemerintah harus berani memblokir konten-konten (ideologi ekstrem) seperti itu,” ucapnya.

Menurutnya, anak muda pada era sekarang dapat dengan mudah mendapat informasi yang disalahgunakan untuk menanamkan ideologi ekstrem. Sejatinya, Islam memiliki sejarah serupa ketika anak muda diberi pemahaman yang salah terkait Islam.

“Bagaimana terjadi ketika pembunuhan kepada Amirul Mukminin Utsman bin Affan. Kan itu anak-anak muda yang diberikan pemahaman yang salah tentang Islam. Mereka akhirnya memberontak dan kemudian terjadilah pembunuhan kepada kepala negara. Itu anak-anak muda,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia menyebut anak muda harus dibekali dengan ilmu keagamaan yang tepat, mulai dari rumah atau keluarga, lingkungan masyarakat, hingga pemerintah. Terkait lingkungan keluarga, ia mendorong keluarga di Indonesia untuk menyeriusi pendidikan agama. Hal ini agar tidak lagi muncul kesalahpahaman yang menyebabkan malapetaka di antara anggota keluarga.

 

“Islam mengajarkan dari awal pada keluarga dulu, ‘ku anfusakum wa ahlikum’, jaga dirimu dan keluargamu. Itu adalah ajaran Islam, di mana yang jadi masalah saat ini masih banyak keluarga yang belum memahami itu,” kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement