Selasa 05 Sep 2023 16:39 WIB

Dakwahkan Wasathiyah Islam, Haji Syafruddin Diundang Ulama Sufi Hadiri Konferensi Dunia

Haji Syafruddin menggiatkan dakwah wasathiyah Islam.

Syafruddin menerima kunjungan Syekh Muhammad Rajab Dib
Foto: Erdy
Syafruddin menerima kunjungan Syekh Muhammad Rajab Dib

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ulama sufi asal Suriah Syekh Muhammad Rajab Dib mengagumi Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Pur) Syafruddin Kambo. Wakil Kapolri periode 2016-2018 itu dinilai istikamah mendakwahkan wasathiyah Islam ke kalangan dhuafa melalui gerakan sosialnya.

Hal itu disampaikan Muhammad Rajab Dib dalam kunjungannya ke kediaman Syafruddin yang merupakan Tokoh Perubahan Republika 2017 tersebut pada Selasa (5/9/2023). Putra ulama besar Suriah (alm) Syekh Rajab Dib tersebut ingin mempererat silaturahim dan mendiskusikan berbagai hal terkait perkembangan dunia Islam.

Baca Juga

“Haji Syafruddin memiliki kesamaan pandangan dengan para ulama dunia tentang wasathiyat Islam dan mewujudkan perdamaian dunia,” kata Muhammad Rajab.

Pihaknya mengundang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara 2018-2019 itu untuk menghadiri Konferensi Ulama, Mufti dan Masyaikh dari berbagai belahan dunia yang rencananya akan digelar di Beirut pada awal Oktober. Acara tersebut akan menghasilkan langkah-langkah strategis penguatan dakwah wasathiyah Islam di berbagai kawasan.

Haji Syafruddin menyambut baik kunjungan Syekh Muhammad Rajab Dib yang merupakan Wakil Rektor Universitas Biladi Syam. Pendiri Forum Sufi Dunia itu dinilai Syafruddin sebagai sosok yang memperkuat narasi moderasi dan kearifan Islam di tengah suara-suara islamophobia yang digemakan pihak tak bertanggung jawab.

Syekh Dr Muhammad Rajab datang ke Indonesia dalam rangka menghadiri Muktamar Sufi Dunia yang diselenggarakan di Pekalongan tanggal 29-31 Agustus 2023. Acara itu dihadiri oleh 78 ulama dan mufti dari 38 nagara, dan ribuan alim ulama Indonesia.

Dalam kunjungan ke rumah Syafruddin, Syekh Muhammad Rajab didampingi Ketua Nadzir Wakaf ASFA Irjen Pol (Purn) Mas Guntur Laupe, Wakil Ketua dan Pengurus Lazis ASFA KH Anizar dan H Buyung Wijaya. Hadir juga Syekh Umar Rajab (Damaskus), Syekh Sulaiman Jakob (Khatib dan Penggiat Dakwah asal Prancis).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement