Selasa 05 Sep 2023 07:11 WIB

2.160 Peserta Ikuti MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Bogor

MTQ ke-45 sarana membangun generasi Qurani yang cerdas dan berakhlakul karimah.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Gita Amanda
Sebanyak 2.160 peserta mengikuti delapan cabang perlombaan di Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten Bogor. (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Sebanyak 2.160 peserta mengikuti delapan cabang perlombaan di Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten Bogor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 2.160 peserta mengikuti delapan cabang perlombaan di Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten Bogor. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, berharap MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor dapat menjadikan manusia Qurani yang senantiasa membudayakan membaca Alquran. 

Iwan menerangkan, tujuan MTQ ke-45 merupakan sarana membangun generasi Qurani yang cerdas dan berakhlakul karimah menuju Kabupaten Bogor yang beradab. MTQ masuk kedalam misi Kabupaten Bogor yakni kesalehan sosial dibungkus dalam Pancakarsa Bogor berkeadaban.  

Baca Juga

“Bogor berkeadaban ini bisa terwujud dibuktikan oleh budaya warga masyarakat yang menjunjung tinggi peradaban, agama, suku, adat, juga budaya itu yang disebut berkeadaban,” kata Iwan, Senin (4/9/2023). 

Adapun delapan cabang perlombaan yang diikuti antara lain Cabang Tilawah Alquran, Cabang Qira’at Alquran, Cabang Hafalan Alquran, Cabang Tafsir Alquran, Cabang Fahm Alquran Golongan Putera dan Puteri Beregu, Cabang Syarh Alquran Golongan Putera dan Puteri Beregu, serta Cabang Khath Alquran. MTQ ke-45 ini untuk pertama kalinya digelar di Kecamatan Gunung Sindur.

Iwan pun berharap momentum kegiatan ini dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah Kecamatan Gunung Sindur. “Pasti seluruh kafilah, peserta dan panitia tidak mungkin tidak makan, tidak jajan dan tidak sewa rumah pastinya ada perputaran uang selama MTQ berlangsung, mudah-mudahan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat gunung Sindur,” ucapnya. 

Iwan mengapresiasi Pemerintah Kecamatan Gunung Sindur yang senantiasa menjaga kondusifitas dan harmonisasi lingkungan. Salah satunya dibuktikan melalui desa paling toleran di wilayah Kecamatan Gunung Sindur. 

“Saya apresiasi di Gunung Sindur ada satu desa yang sangat toleran, tempat beribadahnya saling berdampingan masyarakatnya beribadah saling menghormati. Terimakasih kepada Camat Gunung Sindur, kades dan warga masyarakat yang senantiasa menjaga  harmonisasi kondusifitas keamanan Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor Ahmad Syukri, menjelaskan penyelenggaraan MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor diharapkan menjadi sarana dalam melahirkan masyarakat yang senantiasa membumikan Alquran dan menegakan syiar Islam di Kabupaten Bogor, termasuk masyarakat di wilayah Gunung Sindur. Terlebih Gunung Sindur merupakan kampung moderasi teladan tingkat nasional, hal itu menjadi sebuah keniscayaan jika nilai-nilai Alquran bisa dilestarikan demi membangun Kabupaten Bogor berkeadaban.

“Terima kasih kepada para peserta MTQ, mereka adalah aset penting yang akan jadi pemimpin kita. Dengan jiwa Islami masa depan tidak hanya cerah juga dipimpin orang yang memiliki kecerdasan dan memiliki akhlak mulia dan mampu bersaing termotivasi mengamalkan nilai-nilai Alquran,” ucapnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement