Jumat 25 Aug 2023 01:18 WIB

Dai Tangguh BMH-YBM BRILiaN Dirikan Rumah Quran Khusus Tahfidz di Sampang

Upaya dai tangguh ini adalah wujud nyata komitmen Laznas BMH

Rumah Qur
Foto: Dok Laznas BMH
Rumah Qur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dai Tangguh Laznas BMH dan YBM BRILiaN, Ustadz Sofyan Amarta, terus bergiat hadirkan maslahat di tengah-tengah umat. Terbaru ia sukses mendirikan Rumah Quran khusus tahfidz di Sampang, Madura, Jawa Timur.

"Alhamdulillah, ini menjadi Rumah Quran Hidayatullah ke-4 di Jalan Gelatik 6A, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur," terang dai lulusan STAIL Surabaya itu (24/8).

Baca Juga

Rumah Quran ini berbeda dengan tiga Rumah Quran sebelumnya, karena berbasis asrama. Saat ini, ada empat santriwati yang tinggal di asrama tersebut.

"Fokus pendidikan di Rumah Qur'an Hidayatullah ke-4 ini adalah menghafal Al-Qur'an. Para santri didorong untuk menghafal 10 juz Al-Qur'an dalam waktu tiga tahun pendidikan tingkat SMP," jelasnya.

Wulan, salah satu santriwati di Rumah Qur'an Hidayatullah, mengaku senang sekaligus tertantang untuk bisa menghafal Al-Qur'an sesuai target.

"Alhamdulillah saya merasa sangat terbantu sekali tinggal di rumah Qur'an Hidayatullah ini," kata Wulan. 

"Kami bisa sekolah formal di luar dan bisa belajar Al-Qur'an juga di sini. Selain itu, kami juga mendapatkan tempat yang baik, makanan yang sehat, dan lingkungan yang nyaman."

Orang tua Wulan, Ibu Zakiya, juga mengaku sangat terbantu dengan keberadaan Rumah Qur'an Hidayatullah.

"Anak saya (Wulan) sudah dua tahun sejak lulus SD tidak melanjutkan sekolah formal," kata Ibu Zakiya. 

"Setelah kami tahu tentang adanya Rumah Qur'an Hidayatullah ini, hati kami merasa sreg untuk menitipkan anak kami di tempat ini. Anak saya bisa sekolah formal, sekaligus juga bisa menghafal Al-Qur'an," tambahnya.

Rumah Qur'an Hidayatullah ke-4 di Kabupaten Sampang ini sejatinya telah dikonsep dan rintis sejak bulan Juni tahun 2023 yang lalu. Namun, baru menerima santri mukim pada tanggal 20 Juni 2023, dan baru diresmikan pada tanggal 20 Agustus 2023.

Ustadz Sofyan Amarta berharap, Rumah Qur'an Hidayatullah ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk menghafal Al-Qur'an dan menjadi generasi bangsa yang cerdas, religius serta progresif.

Kadiv Program dan Pemberdayaan Laznas BMH Jawa Timur Imam Muslim menuturkan bahwa upaya dai tangguh ini adalah wujud nyata komitmen Laznas BMH ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa untuk pembangunan berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement