Ahad 20 Aug 2023 10:21 WIB

Terus Terlindungi dan Selamat di Bulan Safar, Jangan Lupa Baca Doa Ini

Ada beberapa doa untuk memohon perlindungan dan berkah dari Allah SWT.

Rep: Muhyiddin/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa doa umum yang dapat Anda baca untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah dalam setiap situasi, termasuk saat bulan Safar atau kapan pun. (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ada beberapa doa umum yang dapat Anda baca untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah dalam setiap situasi, termasuk saat bulan Safar atau kapan pun. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki bulan Safar atau bulan lainnya adalah kesempatan untuk memohon perlindungan, keberkahan, dan petunjuk dari Allah. Agar sobat tetap aman dan terhindar dari kesialan di bulan Safar, Anda bisa membaca doa-doa umum yang dianjurkan dalam Islam.

Sebenarnya tidak ada kaitan antara bulan Safar dengan kesialan. Oleh karena itu, tidak ada doa khusus untuk menghindari sial pada bulan Safar. Namun, ada beberapa doa umum yang dapat Anda baca untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah dalam setiap situasi, termasuk saat bulan Safar atau kapan pun.

Baca Juga

Hari ini, Ahad (20/8/2023), bertepatan dengan 3 Safar 1445 Hijriyah. Orang-orang Arab Jahiliyah menganggap bulan Safar sebagai bulan yang penuh dengan kejelekan atau kesialan. Namun, kesialan dapat menimpa kita kapan saja, tidak mesti pada bulan-bulan tertentu.

Karena itu, umat Islam diharapkan untuk selalu menjaga diri, melakukan usaha-usaha pencegahan, termasuk dengan doa memohon perlindungan kepada Allah setiap hari.

 

Salah satu doa yang dapat dibaca adalah:

 

   بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ 

 

Artinya: “Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan di langit tidak akan berbahaya, Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha mengetahui.”

Jika Anda membaca doa ini pada waktu pagi dan sore hari, maka tidak akan menerima musibah atau kesialan. Keterangan tentang doa ini bisa ditemukan dalam hadits riwayat Abu Dawud dan at-Tirmidzi. 

Dari Utsman bin Affan Ra, ia berkata,”Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,’Barangsiapa yang membaca (doa di atas) tiga kali pada sore hari maka tidak ada musibah yang menimpanya sampai pagi, dan barangsiapa membacanya tiga kali pada pagi hari, tidak ada musibah yang menimpanya sampai sore hari’.”

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement