Sabtu 19 Aug 2023 14:33 WIB

Pencarian Iman Membawa DeLancey dari Kanada Memeluk Islam

Alquran mengubah hidup DeLancey.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Taman Islam ilustrasi
Foto:

Ini adalah waktu yang sangat sulit baginya dan keluarganya. Namun, kebenaran harus dicari sehingga ia pun mulai mempelajari berbagai agama dan menemukan mereka salah satu demi satu. Sampai, dia mendengar tentang Islam.

DeLancey tidak pernah mengenal seorang Muslim dan Islam tidak didengar atau dibicarakan sebagai agama di bagian Kanada. Kecuali, tentu saja, itu adalah berita yang berbicara buruk tentang Islam. Bagi dia saat itu, Islam bahkan tidak menjadi pertimbangan. Sama sekali tidak ada dalam radar agama dia.

"Tapi kemudian aku mulai membaca sedikit tentang Islam. Aku terus membaca sedikit lagi. Kemudian, aku membaca Alquran. Pengungkapan kebenaran yang luar biasa ini mengubah hidupku selamanya. Aku segera mulai mempelajari setiap informasi yang berkaitan dengan Islam," ujarnya.

DeLancey pergi ke sebuah masjid terdekat sekitar 100 mil jauhnya dari kota tempat dirinya tinggal. Dia pergi bersama keluarga ke masjid itu. Dalam perjalanan, ia sangat gugup tetapi juga sangat bersemangat.

"Aku bertanya pada diri sendiri, apakah aku diizinkan masuk masjid karena dia bukan orang Arab atau Muslim? Namun, setelah tiba di masjid, aku sadar bahwa aku tidak perlu takut. Aku disambut oleh Imam dan umat Islam dengan salam yang paling hangat. Sangat baik. Tidak seperti hal-hal buruk yang selalu dikatakan berita tentang Muslim," jelasnya.

Mereka memberi DeLancey sebuah buku karya Ahmed Deedat dan meyakinkan dirinya bahwa dia bisa menjadi seorang Muslim. "Aku mempelajari semua materi tentang Islam yang mereka berikan kepadaku. Aku sangat menghargai buku-buku ini karena perpustakaan lokal kami hanya memiliki empat buku tentang Islam," katanya.

Setelah belajar Islam, DeLancey kaget. "Bagaimana aku bisa tidak pernah mendengar kebenaran? Aku sekarang percaya pada Islam," tuturnya.

Pada 24 Maret 2006, DeLancey pergi ke masjid. Tepat sebelum sholat Jumat dimulai dan dengan sebagian besar Komunitas Muslim setempat hadir sebagai saksi, DeLancey mengucapkan syahadat, Laa ilaaha illallah Muhammad Rasulullah. "Aku sekarang seorang Muslim. Itu adalah hari terbaik dalam hidupku. Aku mencintai Islam dan memiliki kedamaian sekarang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement