Jumat 18 Aug 2023 08:59 WIB

Daftar Kejanggalan Video Youtube Hina Nabi Muhammad

Akun youtube memuat video hina Nabi Muhammad dikecam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Tangkapan layar video di Youtube yang diduga menghina Nabi Muhammad
Foto: Tangkapan Layar Youtube
Tangkapan layar video di Youtube yang diduga menghina Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Channel Youtube dengan nama Sunnah Nabi menjadi perbincangan banyak pihak, utamanya di media sosial. Akun ini dinilai melecehkan Islam dan menghina Nabi Muhammad SAW.

Akun ini berisikan video-video animasi yang menceritakan seputar Rasulullah SAW dan sahabat maupun kegiatannya. Ia mendapat sorotan karena membuat gambar/animasi wajah Rasul dengan sangat jelas, yang mana hal ini adalah terlarang dan tidak sesuai dengan akidah Islam.

Baca Juga

Berdasarkan pantauan pada Jumat (18/8/2023), akun ini telah mendapatkan 5,91 ribu pengikut dan berisikan 29 video. Ia pertama kali dibuat pada 1 Juni 2022 dan sudah mencatatkan 1.056.482 penonton.

Dalam deskripsinya, mereka menuliskan, "Channel ini khusus menampilkan video-video animasi tentang Nabi Muhammad dan ajaran Islam yang tidak disampaikan secara jujur oleh para ulama. Mereka sengaja menyembunyikan perbuatan, tabiat, tindakan sang Nabi demi tetap menampilkan Islam sebagai agama damai bagi seluruh umat manusia." Dalam detail lokasi disebut jika akun ini berasal dari Amerika Serikat.

Ada sejumlah judul yang diunggah dalam akun ini. Di antaranya Nabi Muhammad Perencana Pernikahan, Nabi Muhammad Penghancur Patung Milik Non-Muslim, Kematian Tragis Nabi Muhammad dan Keluarganya, serta Islam Durjana yang dibuat dalam beberapa video.

Bukan hanya itu, mereka juga mengunggah video berjudul Nabi Muhammad dan Zainab dan Zaid Cinta Segitiga Islamiah. Dalam deskripsinya, dituliskan bahwa Nabi Muhammad memiliki anak angkat bernama Zaid bin Muhammad. Dia menikahkan Zaid dengan wanita terpandang di Medina yakni Zainab binti Jahsh. Suatu hari, sang Nabi berkunjung ke rumah Zaid, tapi Zaid sedang tidak ada di rumah. Nabi secara tidak sengaja melihat Zainab telanjang di kamarnya, dan dia lalu jatuh cinta pada Zainab.

Video ini diunggah pada 12 Agustus 2022 dan telah ditonton sebanyak 29.065 kali. Dituliskan pula di bawah video bahwa referensi dari video ini ada pada tafsir Alquran Surah Al-Ahzab oleh Tabari vol 21 dan tafsir Quran al-Jalalayn surah al-Ahzab ayat 36.

 

Ada sejumlah poin penting yang dinilai tidak sesuai dengan akidah Islam dalam video-video yang diunggah akun ini. Di antaranya:

- Memuat gambaran atau ilustrasi wajah Nabi Muhamamd SAW secara jelas.

Alasan pertama mengapa Nabi Muhammad SAW tidak boleh digambarkan dalam bentuk patung, gambar atau lukisan adalah karena khawatir representasi tersebut dapat menjadi wasilah atau perantara dalam beribadah kepada Allah bagi sebagian umat Islam.

Pendiri Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta, Prof M Quraish Shihab, menyebut dikhawatirkan hal seperti ini akan memunculkan pengultusan dan pemujaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Selain itu, visualisasi figur Rasulullah SAW dikhawatirkan tidak akan mempu menggambarkan pribadi dan figur Rasulullah SAW yang sesungguhnya.

Visualisasi figur Rasulullah SAW juga disebut tidak menutup kemungkinan adanya pelecehan. 'Jika hal ini kemudian tersebar, mudah diinjak-injak orang, bahkan bisa jadi gambar itu tidak seuai dengan apa yang sebenarnya.

"Karena itu, bisa jadi kalau difilmkan orang yang memerankan figur Nabi dalam film kemudian melakukan hal-hal yang tidak sesuai perilaku Rasulullah SAW. Maka untuk menghindari itu semuanya, lantas dilarang gambar itu," ujar Prof Quraish Shihab beberapa waktu lalu.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement