Selasa 15 Aug 2023 23:38 WIB

BSI Maslahat dan Madani Al Washiyyah Jalankan Beasiswa Siswa Dhuafa

BSI Maslahat dan PKBM Madani kucurkan beasiswa dhuafa senilai Rp 674 juta

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Program BSI Maslahat (ilustrasi). BSI Maslahat melakukan perjanjian kerjasama (PKS) dengan PKBM Madani Al Washiyyah tentang pemberian bantuan beasiswa pendidikan siswa dhuafa sebesar Rp 674 juta
Foto: BSI Maslahat
Program BSI Maslahat (ilustrasi). BSI Maslahat melakukan perjanjian kerjasama (PKS) dengan PKBM Madani Al Washiyyah tentang pemberian bantuan beasiswa pendidikan siswa dhuafa sebesar Rp 674 juta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - BSI Maslahat melakukan perjanjian kerjasama (PKS) dengan PKBM Madani Al Washiyyah tentang pemberian bantuan beasiswa pendidikan siswa dhuafa sebesar Rp 674 juta pada Selasa (15/8/2023) hari ini Beasiswa ini terdiri dari uang pangkal, SPP, dan uang kegiatan selama enam tahun. 

Hadir dalam acara yang dilakukan di PKBM Madani Al Washiyyah, Jatinegara, Jakarta Timur yaitu Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro beserta jajaran; Pimpinan Yayasan Al Washiyyah KH. Mohamad Hidayat; Direktur PKBM Madani Al Washiyyah, Nur Cholifah beserta jajarannya. Sukoriyanto Saputro menyampaikan perjanjian kerjasama ini merupakan bentuk kepedulian BSI Maslahat terhadap pendidikan dhuafa. Penyaluran dana zakat dan infaq pada berbagai sektor termasuk pendidikan menjadi fokus lembaga sebagai bentuk kontribusi pada SDG’s dan penerapan maqasid syariah. 

“Alhamdulillah dengan adanya kerjasama ini semoga dapat memberikan kemaslahatan yang lebih luas dan akan ada kerjasama lainnya yang berlanjut,” kata Sukoriyanto. 

Pendidikan diketahui merupakan salah satu dasar bagi sebuah negara untuk maju dalam persaingan global. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, angka putus sekolah di Indonesia masih mengalami kenaikan. 

Direktur PKBM Madani Al Washiyyah, Nur Cholifah menyampaikan terima kasih atas bantuan beasiswa pendidikan siswa dhuafa yang diberikan. “Harapannya semoga dapat meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan belajar bagi peserta didik terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu. Semoga ini menjadi amal jariyah bagi kita semua,” kata Nur Cholifah. 

Selain itu beasiswa ini diharapkan bisa mendorong semangat belajar dan prestasi akademik siswa agar dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Pada akhirnya diharapkan beasiswa ini bisa mengurangi jumlah peserta didik yang putus sekolah. 

Yayasan Quran Madani Al Washiyyah memiliki tiga unit pendidikan yaitu sekolah dasar quran, taman quran serta taman bina quran yang totalnya ada sekitar 334 peserta didik. PKBM Quran Madani Al Washiyyah mengutamakan pembelajaran Quran sebesar 60 persen pada prosesnya, 30 persen adalah mata pelajaran PAI yang di sebagian besar didominasi oleh kitab Fiqih, Hadits Arbain dan Sirah Nabawiyah, dan sisanya mata pelajaran umum serta pembiasaan karakter.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.   

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan beramal maksimal melalui goamal.org (konfirmasi donasi melalui call center http://wa.me/6281386819483). Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.  

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement