Selasa 15 Aug 2023 18:02 WIB

Kemenag Siapkan 10 Kampung Zakat di Sulawesi Selatan

Kemenag menargetkan 1.000 kampung zakat terbentuk di seluruh Indonesia.

Zakat / fidyah ( ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Zakat / fidyah ( ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) segera mendirikan 10 kampung zakat di provinsi tersebut sebagai tindak lanjut target Kemenag membentuk 1.000 kampung zakat yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Saat ini kita tengah fokus mempersiapkan peluncuran 10 kampung zakat di Sulsel, di antaranya melakukan audiensi dengan Wali Kota Makassar. Paling lambat akhir Agustus ini diluncurkan," ujar Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel Abdul Gaffar, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga

Rencananya, kata dia, peluncuran 10 kampung zakat yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sulsel akan dilaksanakan secara simbolis di Masjid Al Markaz Al Islami Makassar. Sejauh ini, untuk kampung zakat di Sulsel ada dua yakni di kampung zakat Desa Kahayya, Kabupaten Bulukumba dan kampung zakat Desa Pammana, Kabupaten Wajo.

Ia menjelaskan masing-masing kepala desa atau lurah yang menjadi lokasi kampung zakat di Sulsel dihadirkan. Begitu pun Kepala Urusan Agama (KUA) pada 10 lokasi kampung zakat tersebut.

 

"Kita juga akan hadirkan masing-masing 25 orang penerima bantuan di 10 lokasi kampung zakat dengan total 2.000 orang penerima paket sembako," katanya.

Saat ini, Kemenag menargetkan percepatan 1.000 kampung zakat se-Indonesia sampai akhir tahun 2023. Bahkan, Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag telah menggodok percepatan itu.

Untuk kampung zakat di Sulsel didukung oleh LAZ Assalam Fil Aalamin Jakarta. Adapun 10 kampung zakat yang akan diluncurkan akhir Agustus 2023, yakni di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar; Desa Towata, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar; dan Desa Bangkala Loe, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto.

Selanjutnya, di Desa Pujananting, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru; Desa Pising, Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng; Desa Mallari, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone; Desa Sumpang Mango, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Desa Bambapuang, Kecamatan Anggerajam, Kabupaten Enrekang; Desa/Lembang Kaduaja Kampung Sambua, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja; dan Desa Pattaneteang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement