Selasa 08 Aug 2023 16:25 WIB

Begini Penampakan Tiktoker Berhijab dengan Konten Meresahkan, Kritik Warganet Diabaikan

Tiktoker berhijab menggunakan busana yang dinilai tak pantas

Rep: Fergi Nadira B / Red: Nashih Nashrullah
Tiktoker hijab. Tiktoker berhijab menggunakan busana yang dinilai tak pantas
Foto: Dok Istimewa
Tiktoker hijab. Tiktoker berhijab menggunakan busana yang dinilai tak pantas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Media sosial dihebohkan  konten TikTokers tentang penggunaan hijab yang disalahartikan. Meski tak menuliskan keterangan apapun, kumpulan foto yang diunggah Oklin di TikTok @nadiaalexa2 menunjukkan konten tak beradab dalam hijab. 

Video tersebut kemudian diunggah ulang dibanyak akun TikTok dan X. Salah satunya akun TikTok @elthaads97 yang videonya telah dilihat lebih dari 11 juta pengguna. 

Baca Juga

"Gw bukan haters, bukan juga fans siapa2 cuma agak sedih aja. Bukan masalah kontennya tapi jilbabnya aja. Please deh jangan menghilangkan kesucian jilbab yang semestinya," kata akun dengan nama 'Panggil aja sayang' itu di TikTok dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Selasa (8/8/2023). 

Unggahan tersebut berisi foto-foto tak beradab dari akun TikTok Oklin yang berisikan sejumlah narasi. Narasi pertama pada foto berlatar lagu "Jiwa yang Bersedih" itu adalah "Makan babi baca bismillah penistaan agama (tanda ceklis). Kalo pake hijab baju ketat terus konten 18+, ga termasuk penistaan agama kah?" 

 

Narasi kedua berbunyi "Kalo buat salah mukanya jelek diperkarain, buat salah mukanya cakep dimaklumin." Narasi ketiga pada foto di konten tak beradab itu berbunyi "Beauty its privilage."  

"Tapi bukan standar untuk memaklumi hal yang sudah jelas2 salah," bunyi narasi keempat. Dan ditutup oleh narasi kelima pada foto: "Sehat-sehat kalian wanita mahal." 

Di platform X, yang dulunya Twitter, warganet berkomentar heran dan merasa pengunggah itu melecehkan jilbab meski kenyataan dalam foto tak menunjukkan demikian. Banyak warganet meminta pengunggah foto tersebut dipolisikan. 

Baca juga: Alquran Bukan Kalam Allah SWT Menurut Panji Gumilang, Ini Bantahan Tegas Prof Quraish

"Dis! Menurut kalian gimana gais, jujur gw malu banget liatnya. Jadi cantik itu benar2 privilege yaa semoga aja yg gini bisa diproses kaya kasus LM yg makan b4b| sama2 perbuatan yg dilarang kan. Btw itu yang di sodorin ice cream," kata akun @AREAJULID di X. "Jijik banget mbak ini," timpal akun X lain. "Orang goblok dikasi panggung ta kesenenangan," kata komentar lain kesal. 

"Bikin konten kaya gini pasti karena awalnya audience rame terus 'menghasilkan' jadi kebiasaan deh pengen viral dengan cara instan, rela memurahkan harga diri demi menaikkan konten naughty, miris banget," kata koemntar lainnya. 

"Baru tadi di grup keluarga ada yang ngirim ini. Ujungnya disuruh enggak boleh main TikTok bocil adik-adiku," kata salah satu komentar di X. 

 

Sumber: tiktok 1 tiktok 2 twitter

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement