Selasa 08 Aug 2023 09:58 WIB

Chicago Gelar Festival Halal Pertama di Naperville

Festival halal membantu memperkuat perusahaan lokal dalam komunitas Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Chicago Gelar Festival Halal Pertama di Naperville
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi. Chicago Gelar Festival Halal Pertama di Naperville

REPUBLIKA.CO.ID, NAPERVILLE -- Festival Halal perdana di pinggiran barat Naperville telah dimulai Sabtu (5/8/2023). Pameran terbuka ini memamerkan gaya hidup Muslim yang dinamis dan beragam di wilayah Chicago.

Shafeek Abubaker dan rekan-rekannya bertindak sebagai pembawa acara dan penyelenggara festival. Tujuan festival ini adalah menyoroti komunitas Muslim yang berkembang, serta menampilkan keragaman budaya kawasan di Naperville dan Greater Chicago Area.

Baca Juga

Abubaker, yang juga menjabat sebagai presiden Kamar Dagang Muslim Illinois menyebut kegiatan ini sangat penting. Di kesempatan ini, mereka juga bisa menghadirkan prospek bisnis yang sangat baik.

“Tujuan dari Halal Food Fest adalah merayakan warisan budaya yang kaya dan tradisi kuliner yang beragam dari masakan halal, sembari memupuk rasa kebersamaan dan inklusivitas,” kata penyelenggara acara dalam rilisnya dikutip di Patch, Selasa (8/8/2023).

 

Tidak hanya itu, hadirnya festival ini juga dimaksudkan mengembangkan pengalaman imersif yang menonjolkan cita rasa asli dan masakan penjual makanan halal terdekat. Abubaker percaya pada kekuatan makanan untuk menyatukan orang. Melalui festival ini, ia bekerja untuk mempromosikan pemahaman dan apresiasi terhadap makanan dan budaya halal.

Di stan Pakistan, pengunjung bisa menikmati dan melihat pakaian, perhiasan, maupun barang khas lainnya dari negara tersebut. Bukan cuma itu, pengunjung juga memiliki kesempatan membeli dan menerbangkan layang-layang kertas mereka sendiri, sebuah kebiasaan umum di Pakistan dan India.

Dengan membeli tiket khusus, anak-anak yang datang berkesempatan untuk menunggang kuda poni dan unta, bermain di rumah lompat. Tersedia hiburan ramah anak mulai pukul 12 siang.

Tidak hanya itu, setiap pengunjung yang datang diberi kesempatan untuk mencicipi makanan lezat dari sejumlah negara. Di antaranya adalah Afghanistan, Nigeria, Meksiko, Prancis, Indonesia, Malaysia, Sri Lanka, Kyrgyzstan, Pakistan, India, Palestina, Lebanon dan Suriah.

Festival ini menawarkan berbagai kegiatan, termasuk melukis wajah dan mehndi, pertunjukan sirkus, permainan anak-anak, hingga pasar budaya dengan banyak pilihan barang unik. Wali Kota Naperville, Scott Wehrli, menegaskan festival ini akan diselenggarakan setiap tahunnya.

Dalam sambutannya, Shafeek Abubaker mengklaim Halal Fest akan membantu memperkuat perusahaan lokal dalam komunitas Islam. Kekayaan tradisi dan talenta yang ada harus dipamerkan dan dipromosikan, termasuk dari sisi budaya, seni dan masakan Muslim, melalui bisnis dan artis komunitas yang terhormat.

Dewan Jenderal Bangladesh, Pakistan dan India dilaporkan hadir dalam acara ini. Di antara pejabat terpilih yang menghadiri festival tersebut adalah sejumlah anggota kongres, senator negara bagian, serta perwakilan negara bagian dan pejabat terpilih setempat.

Di malam hari, sebuah pertunjukan budaya dihadirkan di di antara para tamu. Sepasang ayah dan anak memainkan musik Turki. Musik Junoon dibawakan oleh Zeeshan dan Rafi, sementara Musik Arab dibawakan oleh Turath Ensemble dan Ronnie Malley. Hadir pula Al Hurriyah Dabke yang menampilkan tarian Dabke asli Palestina.

Sponsor utama Festival ini adalah Kamar Dagang Muslim Illinois dan sejumlah kelompok lainnya, seperti IFANCA, CIOGC, Helping Hand, ICNA Relief, Islamic Society of Midwest, CHI-CARE, Mecca Center, NAACP, MCC Chicago, Mohammed WEBB, IMAN dan beberapa lainnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement