Jumat 04 Aug 2023 15:58 WIB

Kerukunan Umat Beragama Perkuat Pembangunan dan Ekonomi Daerah

Kemenag di seluruh Indonesia menggerakkan kerukunan umat beragama.

Ilustrasi upaya menguatkan kerukunan dan toleransi.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi upaya menguatkan kerukunan dan toleransi.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondouw Utara, Provinsi Sulawesi Utara bersama Kementerian Agama (Kemenag) setempat berkomitmen merawat kerukunan antarumat beragama di daerah tersebut. 

"Pemerintah daerah terus mengupayakan terciptanya kerukunan dan keharmonisan antara pemeluk agama dalam rangka menjaga stabilitas dan iklim yang kondusif di daerah," kata Bupati Bolaang Mongondouw Utara Depri Pontoh di Manado, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga

Dia mengemukakan pentingnya semua pemangku kepentingan senantiasa membangun komunikasi yang efektif melalui dialog dengan para pemuka agama dan tokoh masyarakat.

Selain itu, katanya, menampung dan menyalurkan aspirasi organisasi keagamaan dan aspirasi masyarakat dalam bentuk rekomendasi kebijakan pemerintah di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan antarumat beragama dan pemberdayaan masyarakat, sekaligus menjadi teladan dalam bertutur kata serta bertindak di tengah-tengah masyarakat.

"Sehingga menyejukkan, mendamaikan, mempersatukan, memotivasi, menjadi inspirasi, bahkan menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik," ujar dia.

Kepala Kantor Kemenag Bolaang Mongondouw Utara Idrus Sante memberikan pandangan terkait situasi yang kondusif terkait dengan keberagamaan di daerah tersebut.

Dia mengutarakan bahwa kehidupan antarumat beragama di Kabupaten Bolaang Mongondouw hingga saat ini dalam keadaan baik dan mantap.

Pihaknya akan bekerja sama dengan organisasi keagamaan, baik Kristen, Islam, dan bahkan dengan peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), untuk terus merawat kerukunan yang sudah terjalin dengan baik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement