Rabu 02 Aug 2023 08:59 WIB

Baznas Buka Program Dakwah Komunitas Khusus Daerah 3T Hingga Mualaf

Program dakwah diharapkan bisa memenuhi hak semua orang mendapatkan ilmu agama.

BAZNAS membuka program Dakwah Komunitas Khusus di daerah 3T, mualaf, komunitas marjinal, hingga pengajar Alquran.
Foto: Dok. BAZNAS
BAZNAS membuka program Dakwah Komunitas Khusus di daerah 3T, mualaf, komunitas marjinal, hingga pengajar Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membuka Program Dakwah Komunitas Khusus di daerah 3T, mualaf, komunitas marjinal dan pengajar Quran sebagai upaya memajukan pemahaman dan kolaborasi lembaga/ormas/komunitas di bidang dakwah khusus untuk kesejahteraan umat.

Program Dakwah Komunitas Khusus di daerah 3T, mualaf, komunitas marjinal dan pengajar Quran ini akan dibuka pada 3 Agustus-17 Agustus 2023 melalui link https://bit.ly/DakwahKomunitasKhusus2023-pendaftaran, sementara untuk panduan pendaftaran dapat mengakses link https://bit.ly/DakwahKomunitasKhusus2023-panduan. 

Baca Juga

Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad MA menyampaikan program ini merupakan upaya BAZNAS dalam memfasilitasi akses dakwah khusus untuk di daerah 3T, mualaf, komunitas marjinal dan pengajar Quran. "Program ini menyadarkan kita dan hati kita bahwa ini adalah tanggung jawab besar, tanggung jawab kita semua dalam menjalankan perintah Allah SWT untuk membaca Al-Qur'an. Inilah kewajiban kita semua untuk memberikan akses tersebut," ujarnya, di Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Menurutnya, program tersebut juga akan berkolaborasi dengan Kemenag, Majelis Ulama Indonesia (MUI), PBNU, PP Muhamammdiyah serta menjadikan program ini sebagai  sebagai program dakwah khusus. 

"Program ini dijalankan demi umat dan demi meneruskan dakwah Rasulullah SAW. Mudah-mudahan Allah memberikan kelancaran bagi kita semua, baik dalam pengumpulan program ini hingga pendistribusiannya," ujar Kiai Noor. 

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA menyampaikan, program ini merupakan pembuka aksesibilitas. Hal ini sudah menjadi Kebijakan BAZNAS yang akan berpihak kepada kelompok2 Marginal dan disabilitas

"Ini adalah komitmen kita terhadap kebijakan education for all, dan hari ini kita juga komitmen untuk dakwah for all. Bahwa dakwah dan pendidikan harus menjadi hak semua orang di mana pun dia berada, dalam situasi apa pun seharusnya mereka berhak mendapat akses yang sama," jelasnya.

Saidah menambahkan, BAZNAS memiliki visi yakni sebagai lembaga utama menyejahterakan umat, dan salah satu hak kesejahteraan adalah meningkatkan kualitas keagamaannya. Kualitas keagamaan bisa ditingkatkan jika semua orang mendapatkan akses. 

"Kami akan membuka program yang secara khusus ini adalah bentuk kolaborasi memberikan fasilitas kepada semua institusi/kelompok/komunitas yang punya jejaring dan kompetensi untuk melakukan dakwah komunitas," ujar Saidah.

"Dan yang paling menjadi perhatian kami yaitu atensi kepada para pengajar Al-Qur'an dengan Bahasa Isyarat Arab terutama kepada kelompok-kelompok disabilitas. Ada dua juta anak kita yang tuli, jadi ini yang harus difasilitasi agar mereka bisa membaca Al-Qur'an," pungkasnya. 

Program ini merupakan bentuk implementasi misi BAZNAS nomor 7 yakni membangun kemitraan antara muzaki dan mustahik dengan semangat tolong menolong dalam hal kebaikan dan ketakwaan. 

Acara peluncuran dilanjutkan dengan seminar nasional berupa paparan program dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, BAZNAS RI, Dai BAZNAS dan LPMQ (lembaga Pentashihan Mushaf AL-Qur'an) Kemenag RI, diikuti oleh perwakilan dari 18 lembaga/komunitas dakwah, masjid, dan ormas Islam yang memiliki kepakaran terhadap program tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement