Rabu 19 Jul 2023 12:28 WIB

Tarhib Muharram, MUI Sukabumi Gerakkan Muhasabah Bareng Warga

Tarhib Muharram dihelat untuk menyemarakkan syiar Islam.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Tarhib Muharram, MUI Sukabumi Gerakkan Muhasabah Bareng Warga
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Ilustrasi. Tarhib Muharram, MUI Sukabumi Gerakkan Muhasabah Bareng Warga

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Semarak menyambut tahun baru Islam di Kota Sukabumi diwarnai dengan Tarhib Muharram yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, Rabu (19/7/2023). Momen ini dalam menyemarakkan syiar Islam dan membangkitkan ekonomi Islam.

Hadir dalam acara tersebut Ketua MUI Kota Sukabumi KH Aab Abdullah dan Ketua Forum Pondok Pesantren (FPP) Kota Sukabumi KH Fathullah Mansur. Kegiatan itu bertemakan "Dengan Semangat Tahun Baru Islam Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menuju Masyarakat Adil, Makmur, dan Sejahtera serta Diridhoi Allah Yang Maha Esa."

Baca Juga

"Syiar Islam ditunjukkan dengan tarhib Muharram," ujar Ketua MUI Kota Sukabumi, KH Aab Abdullah.

Dalam tarhib ini digelar muhasabah yang disampaikan oleh Ketua Forum Pondok Pesantren (FPP) Kota Sukabumi KH Fathullah Mansur. Menurut KH Aab, Muharram salah satu bulan yang dimuliakan. Selain itu, momentum untuk muhasabah diri dengan semangat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Dengan gebyar Muharram 1445 H mampu memberikan terobosan bagaimana ekonomi umat bergerak," kata Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami yang juga hadir dalam acara tersebut.

Dengan menggulirkan pemberdayaan ekonomi umat dapat menghilangkan kemiskinan ekstrem. "Ekonomi dalam membangkitkan kesejahteraan umat di setiap kelurahan dikembangkan konsep ekonomi Islam," ujar Andri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement