Senin 17 Jul 2023 14:27 WIB

Miliarder Muslim Ini Bakal Bangun Masjid di Pusat Hiburan Terkenal Inggris di Trocadero

Kawasan sekitar masjid dipenuhi dengan bar yang menyajikan alkohol dan klub.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Miliarder Muslim Asif Aziz berencana membangun masjid di kawasan hiburan London, Trocadero yang terletak di antara Piccadilly Circus dan Soho.
Foto: Wikipedia
Miliarder Muslim Asif Aziz berencana membangun masjid di kawasan hiburan London, Trocadero yang terletak di antara Piccadilly Circus dan Soho.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang miliarder Muslim berencana membangun masjid di jantung kawasan hiburan London.

Dilansir di Daily Mail, Ahad (17/7/2023), Asif Aziz (56 tahun), seorang miliarder properti yang dikenal sebagai Mr West End akan membangun masjid dan pusat Islam tiga lantai di dalam Trocadero yang terletak di antara Piccadilly Circus dan Soho. Masjid tiga lantai ini akan memiliki kapasitas 390 jamaah.

Baca Juga

Lokasi masjid merupakan bangunan bioskop Metro yang ditutup pada 2006. Proposal sebelumnya untuk masjid berkapasitas seribu jamaah di loaksi itu ditarik pada 2020.

Ini menyusul penolakan keras dari warga serta kelompok sayap kanan. Namun, pengajuan perencanaan untuk pembangunan masjid yang lebih kecil disetujui pada akhir Mei oleh Dewan Westminster.

"Pengajuan perencanaan oleh Aziz Foundation untuk mengubah sebagian Trocadero di London telah disetujui oleh komite perencanaan dewan pada Mei 2023," kata dewan dalam pernyataan.

Diperkirakan masjid yang mungkin disebut Piccadilly Prayer Space dapat dibuka dalam beberapa bulan mendatang. Tetapi, para kritikus mempertanyakan apakah itu harus dibangun di daerah yang dipenuhi dengan bar yang menyajikan alkohol, klub malam, tempat gay Soho, dan tempat hiburan telanjang. Dalam Islam, semua hal itu dianggap dosa.

Pria kelahiran Malawi, Aziz, yang memiliki portofolio properti lebih dari dua miliar poundsterling membeli Trocadero itu sendiri dengan harga lebih dari 220 juta poundsterling pada 2005, mendirikan masjid melalui cabang amalnya, Yayasan Aziz.

Dibangun pada 1896, Trocadero adalah salah satu kompleks hiburan paling terkenal di pusat Kota London dan memiliki hotel 11 lantai dengan 490 kamar yang disebut Zedwell. Bangunan itu ditutup pada 1965, mengakhiri hampir tujuh dekade kiprahnya sebagai restoran.

Itu kemudian dibuka kembali sebagai ruang pameran pada 1984, mempertahankan fasad baroknya yang terkenal sebelum atraksi bergaya arcade ditambahkan pada 1996. Pensponsoran dari Pepsi dan Sega membantu pusat tumbuh secara substansial hingga akhir 1990-an. Pada 1997, Trocadero menjadi rumah bagi bioskop IMAX 3D pertama di Inggris.

Namun, jumlah pengunjung tidak bertambah sejalan dengan investasi dan Sega mundur dari sponsor pada 1999. Segaworld diubah namanya menjadi Funland, nama yang dipertahankan hingga ditutup pada 2011.

Lima tahun setelah Pepsi mundur dari Trocadero, perusahaan properti Criterion Capital milik Asif Aziz membeli gedung tersebut dan berbagi rencana untuk membangunnya kembali. Dewan Westminster menyetujui keputusan tersebut pada 2012, tetapi Trocadero tidak pernah lagi mencapai ketinggian yang sama.

Pada 2020, rencana akhirnya diajukan untuk mengubah ruang bawah tanah menjadi masjid, yang ditarik pertama kali. Kini, Aziz Foundation mengatakan masjid tersebut akan melayani umat Islam yang bekerja di daerah tersebut serta mereka yang mengunjungi London sebagai turis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement