Senin 17 Jul 2023 06:30 WIB

Menara Masjid Berusia 300 Tahun Dihancurkan

Menara masjid berusia 300 tahun di kota Basra, Irak selatan, dihancurkan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Muhammad Hafil
Menara masjid berusia 300 tahun dihancurkan untuk pelebaran jalan.
Foto: Reuters
Menara masjid berusia 300 tahun dihancurkan untuk pelebaran jalan.

REPUBLIKA.CO.ID,BASRA -- Menara masjid berusia 300 tahun di kota Basra, Irak selatan, dihancurkan untuk membuat jalan bagi perluasan jalan pada Jumat (14/7/2023). Tindakan itu membuat warga marah, otoritas agama dan budaya yang mengecamnya sebagai erosi warisan budaya Irak.

"Semua orang melestarikan warisan dan sejarah mereka dan di sini mereka menghancurkan sejarah dan warisan kita?" kata penduduk Basra Majed al Husseini sambil berdiri di dekat puing-puing masjid.

Baca Juga

Menara Siraji setinggi 11 meter berdiri pada 1727. Bangunan ini dan masjidnya dirobohkan oleh buldoser saat fajar pada Jumat pagi, menara batu bata lumpur berwarna coklat dengan ornamen pirus menghilang dalam awan debu.

Rencana gubernur Basra Asaad Al Eidani untuk memindahkan menara untuk mengakhiri kemacetan lalu lintas di kota itu diketahui oleh otoritas agama dan budaya, termasuk pejabat wakaf dan barang antik Muslim Sunni. Namun mereka mengatakan, itu seharusnya dilestarikan dan dipindahkan, daripada dihancurkan.

Sebagian besar warisan budaya Irak yang kaya berasal dari ribuan tahun yang lalu pada masa kerajaan pertama di dunia di Mesopotamia kuno dan dilanjutkan dengan sejarah Islam. Namun peninggalan ini telah terdegradasi oleh pengabaian dan konflik bertahun-tahun seperti dengan ISIS.

Sekarang, pelestari warisan khawatir ledakan bangunan di Bagdad dan rencana untuk memperluas jalan, jembatan, dan infrastruktur lainnya di seluruh negeri dapat menghancurkan bangunan yang tersisa. Menteri Kebudayaan Irak Ahmed al-Badrani mengatakan, dia tidak memberikan izin untuk menghancurkan menara Masjid Siraji dan otoritas barang antik setempat telah setuju dengan gubernur untuk memindahkannya.

Kementerian Kebudayaan sekarang akan berusaha untuk memulihkan dan melestarikan puing-puing dan merekonstruksi modelnya. Tindakan ini mirip dengan yang dilakukan terhadap masjid Al-Nuri di Mosul yang diledakkan oleh ISIS pada 2017.

Gubernur Basra yang mengawasi penghancuran secara langsung membela tindakan tersebut. Al Eidani mengatakan, otoritas wakaf Sunni dan barang antik tidak membongkar dan merelokasi menara meskipun diberi waktu lebih dari satu tahun untuk melakukannya.

Al Eidani mengatakan, badan itu baru-baru ini diberi tahu tentang kehancuran yang akan segera terjadi dan tidak memprotes. Dia berencana membangun masjid baru sebagai penggantinya.

Kepala wakaf Sunni Basra Mohammed Munla mengatakan, badan itu tidak setuju dan pejabatnya juga tidak diberi tahu tentang rencana untuk menghancurkan menara masjid. Pihaknya hanya setuju dengan gubernur untuk menemukan perusahaan yang dapat memindahkannya.

Sumber:

https://www.reuters.com/world/middle-east/demolition-300-year-old-iraq-mosque-minaret-road-expansion-enrages-locals-2023-07-16/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement