Kamis 13 Jul 2023 19:29 WIB

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Agar Keluarga Bisa Berkumpul Kembali di Akhirat

Orang tua bertanggungjawab besar menjaga anggota keluarga dari neraka

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sekeluarga mengaji. Orang tua bertanggungjawab besar menjaga anggota keluarga dari neraka
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi sekeluarga mengaji. Orang tua bertanggungjawab besar menjaga anggota keluarga dari neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Mendidik anak agar menjadi anak saleh merupakan salah satu cara agar dapat berkumpul di surga.

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim yang dinukilkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ  "Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslkan amalnya, kecuali tiga macam, yaitu sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang selalu mendoakannya.''  

Pendakwah Ustadz Agus Hendra dalam kajian tematik Majelis Talim Al Khansa, yang bertempat di Soepomo Office Park, Jalan Prof DR Soepomo, No 143, Blok ABC, Tebet, Jakarta Selatan, sebagaimana dikutip dari dokumentasi Harian Republika, Kamis (13/7/2023), memaparkan kandungan surat at-Thur ayat 21. 

 

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَااهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ ۚ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ

"Dan orang-orang yang beriman dan yang anak keturunan mereka mengikuti mereka dalam keimanan, maka akan kami pertemukan anak keturunan mereka itu dengan mereka dan kami tidak mengurangi pahala amalan mereka sedikit pun. Setiap orang terikat dengan apa yang diusahakannya." (QS at-Thur ayat 21)

Berdasarkan tafsir Ibnu Katsir, Ustadz Agus menjelaskan, ayat ini menunjukkan kedermawanan dan anugerah Allah SWT yang akan mempertemukan seorang ayah dengan anaknya yang mengikutinya dalam keimanan. 

"Untuk menyenangkan hati ayah mereka dengan adanya keturunan itu di sisinya, maka Allah akan menghimpun mereka dalam bentuk yang paling baik," ujar Ustadz Agus. 

Tidak hanya itu, dalam surat al-Mukminun ayat 8, malaikat-malaikat yang memikul arsy Allah juga akan meminta kepada Allah SWT supaya ayah dari kalangan orang mukmin dapat dikumpulkan dengan anak ataupun istrinya di akhirat kelak. 

Para malaikat itu juga memohon kepada Allah SWT agar para ayah, anak, dan istri, ditempatkan di tempat-tempat yang berdampingan.

Baca juga: Ketika Kabah Berlumuran Darah Manusia, Mayat di Sumur Zamzam, dan Haji Terhenti 10 Tahun

Untuk itu, Ustadz Agus menjelaskan, ada beberapa cara agar para ayah atau keluarga bisa mengajak keluarganya untuk menuju surga. 

Pertama, orang tua senantiasa memperbanyak ibadah kepada Allah SWT dan memberikan contoh kepada anak-anak. 

Dengan memperbanyak ibadah, anak-anak akan senantiasa mencontoh dari orang tuanya. Dengan begitu, anak akan mendapatkan teladan yang baik dari orang tuanya. 

''Anak akan mencontoh perbuatan baik yang dilakukan orang tuanya hingga dia pun akan terbiasa melakukannya. Sebaliknya, anak yang biasa menyaksikan perbuatan-perbuatan mungkar yang dilakukan orang tuanya maka anak itu akan terbiasa melakukan perbuatan mungkar," ujar Ustadz Agus.

Kedua, orang tua harus menjaga kehalalan makanan...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement