Selasa 11 Jul 2023 17:38 WIB

Mengapa Allah SWT Jadikan Sabar dan Sholat Penolong Hadapi Kesulitan Hidup?

Sholat dan sabar menjadi senjata ampun mukmin hadapi persoalan dunia

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Sholat berjamaah di Masjid At-Taubah (ilustrasi). Sholat dan sabar menjadi senjata ampun mukmin hadapi persoalan dunia
Foto: REPUBLIKA
Sholat berjamaah di Masjid At-Taubah (ilustrasi). Sholat dan sabar menjadi senjata ampun mukmin hadapi persoalan dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ketika seorang hamba diuji dengan berbagai kesulitan, cobaan, musibah sejatinya itu semua adalah dalam rangka meningkatkan keimanan dan mengangkat derajat hamba tersebut di sisi Allah SWT. 

Ada dua cara dalam menghadapi berbagai kesulitan dan cobaan kehidupan. Yakni dengan sabar dan sholat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 45 : 

Baca Juga

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ Artinya: “Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sesungguhnya (salat) itu benar-benar berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”  

Bersabar adalah kunci bagi setiap hamba agar bisa melalui segala kesulitan dan cobaan dalam hidup. 

 

Seorang hamba yang bersabar berarti dia tabah dalam menghadapi kenyataan yang terjadi, tidak panik, dan dapat mengendalikan emosinya.

Dia tenang dalam menerima kenyataan dan melakukan muhasabah dan terus berikhtiar mencari solusi terbaik. 

Dia dengan tanah dan penuh perhitungan serta tawakal kepada Allah melakukan berbagai perbaikan. Maka Allah SWT akan menolong orang-orang yang bersabar. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 153: 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”  

Selain dengan bersabar, agar bisa melalui segala kesulitan dan cobaan dalam hidup, seorang hamba diperintahkan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWt dengan sholat.  

Sebab sholat dapat mencegah dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik, dan dengan sholat maka seorang hamba akan senantiasa ingat dan terhubung dengan Allah SWT. Rasulullah SAW pun memilih sholat ketika menghadapi berbagai persoalan.  

Baca juga:  Jalan Hidayah Mualaf Yusuf tak Terduga, Menjatuhkan Buku Biografi Rasulullah SAW di Toko

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ صَلَّى Artinya: Rasulullah apabila menghadapi masalah berat, beliau sholat." (HR Ahmad) 

Dengan sholat yang khusyu maka hati seorang hamba akan menjadi lebih tentang. Dalam keadaan tersebut seorang hamba akan merasakan ketenangan batin. Dia yakin bahwa mudah bagi Allah  SWT untuk menolong hambaNya. Rasulullah SAW bersabda:

وَجُعِلَتْ قُرَّةُ عَيْنِيْ فِى الصَّلاَةِ Artinya: “Dan dijadikan pelipur laraku dalam sholat.” (HR Ahmad dan Nasa'i) 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement